Bupati Buka Musrenbang Kecamatan Rendang,  Ajukan Proposal Ke Pusat Atasi Dampak Erupsi Gunung Agung

AMLAPURA-fajarbali.com | Bupati Karangasem I Gusti Ayu Mas Sumatri membuka langsung Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kecamatan Rendang,  Rabu (21/2/2018)  di Aula Kantor Camat Rendang. Dalam kesempatan itu, bupati mengatakan telah mengajukan proposal ke pemerintah pusat untuk mengatasi masalah erupsi Gunung Agung. 

Selain itu, percepatan penanggulangan kemiskinan serta pemulihan perekonomian masyarakat Karangasem diperlukan kesamaan persepsi seluruh pemangku kepentingan dalam rangka merencanakan pembangunan Kabupaten Karangasem kedepan sehingga bisa mencapai sasaran yang tepat. Semua ini tentu harus dimulai dari tatanan terkecil yaitu ditingkat Kecamatan.
 
Dalam laporanya, Camat Rendang I Wayan Mastra mengatakan,kondisi perekonomian Kecamatan Rendang pasca Erupsi Gunung Agung sangat memerlukan kegiatan yang dapat mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat bagian atas dan masyarakat Kecamatan Rendang pada umumnya.  Untuk bidang sarana prasarana ada beberapa jalan dan sarana umum yang perlu di perbaiki akibat erupsi Gunung Agung. “Di bidang pendidikan masih memerlukan dukungan Pemerintah khusunya perbaikan dan pemeliharaan sarana prasarana pendidikan. Sedangkan dalam bidang kesehatan, diperlukan peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya masyarakat kurang mampu,” ujar Mastra.
 
Mastra menambahkan, untuk mengatasi beberapa permasalahan tersebut,dihasilkanlah beberapa prioritas dari pelaksanaan Pra-Musrenbang yaitu 21 Program, dan sebanyak 157 usulan.
 
Bupati IGA Mas Sumatri mengatakan, dengan memperhatikan kondisi Kabupaten Karangasem terkini sebagai akibat terjadinya erupsi Gunung Agung, menjadi pekerjaan rumah bersama untuk memikirkan langkah-langkah percepatan penanggulangan kemiskinan serta pemulihan perekonomian masyarakat Karangasem untuk mewujudkan Karangasem Cerdas, Bersih dan Bermartabat Berlandaskan Tri Hita Karana. “Diperlukan kesamaan persepsi oleh seluruh pemangku kepentingan dalam rangka merencanakan pembangunan Kabupaten Karangasem kedepan sehingga bisa mencapai sasaran yang tepat. Semua ini tentu harus dimulai dari tatanan terkecil yaitu ditingkat Kecamatan,” ujarnya.  
 
Sesuai dengan tema Musrenbang RKPD Tahun 2018 yaitu “Meningkatkan Pelayanan Publik dan Pembangunan Infrastruktur Dalam Rangka Pemulihan Perekonomian Kabupaten Karangasem”, IGA Mas SUmatri mengatakan, dalam rangka menyampaikan usulan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem tahun 2019 harus memperhatikan antara lain, Visi dan Misi Kepala Daerah Kabupaten Karangasem. Mengakomodir 9 program unggulan “Nawa Satya Dharma”. Mendukung prioritas pembangunan Kabupaten Karangasem serta mendorong pengembangan Potensi Unggulan Daerah yang dimiliki masing-masing kecamatan melalui ekonomi kreatif berbasis pemberdayaan masyarakat. “Langkah-langkah yang sudah diupayakan Pemerintah Kabupaten Karangasem adalah mengajukan proposal ke Pusat yang berjumlah hampir 1,6 triliun untuk masalah erupsi Gunung Agung yang sekarang dialami Kabupaten Karangasem,” ujarnya lagi. W-016

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Perkuat Perekonomian Daerah Pemkot Denpasar Gelar Seminar Gandeng PT. SMI

Rab Feb 21 , 2018
DENPASAR- fajarbali.com | Pemerintah Kota Denpasar bekerjasama dengan PT. SMI (Sarana Multi Infrastruktur) Persero, menggelar seminar bertajuk ‘Peran Sarana Multi Infrastruktur Dalam Memperkuat Perekonomian Daerah’ di Gedung Wanita Santhi Graha, Denpasar pada Senin (19/2/2018).   Save as PDF

Berita Lainnya