Bantu Pengembangan Ekowisata Desa Darmasaba

Pengembangan ekowisata ini diharapkan memberikan banyak manfaat kepada warga desa utamanya dari sisi sosial dan ekonomi.

ANGGOTA pengabdi dari Civitas UNR di Desa Darmasaba, Abiansemal, Badung.

 

MANGUPURA – fajarbali.com | Kelompok VI Kuliah Aplikatif Terpadu Universitas Ngurah Rai (KAT UNR) memilih Desa Darmasaba, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung sebagai lokasi pengabdian selama dua bulan hingga berkelanjutan.

Dosen pembimbing KAT Kelompok VI sekaligus ketua pengusul proposal Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Ir. Made Mariada Rijasa, ST., MT., IPM., Rabu (23/11) di Denpasar menjelaskan, pelaksanaan PkM  bertujuan memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat di suatu desa. Identifikasi potensi dan permasalahan dilakukan terlebih dahulu agar sasaran dari program PkM dapat tercapai.

Dalam hal ini, kata dia, Desa Darmasaba dipilih sebagai mitra PkM, atas dasar sejumlah potensi yang mungkin untuk dikembangkan. Pengembangan yang akan dilakukan Desa Darmasaba adalah Jalan Usaha Tani dan Dam Tanah Putih sebagai penunjang ekowisata.

Menurut Mariada, pengelola desa telah memiliki rencana pengembangan ini yang bisa dimanfaatkan warga desa untuk mempermudah akses pengelolaan lahan pertanian maupun pengunjung lainnya sebagai sarana jogging track.

“Namun kendala yang dihadapi pihak Desa Darmasaba adalah belum adanya tim pembuat gambar atau visualisasi rancangan serta perhitungan anggaran yang akurat. Hal ini tentunya membuat realisasi pengembangan menjadi terhambat,” ungkap Mariada.

Berdasarkan celah tersebut, kelompok VI KAT UNR mengusulkan bantuan perancangan gambar jalan usaha tani dan penataan area limpahan air Dam Tanah Putih sebagai salah satu sarana penunjang ekowisata. Pengembangan ekowisata ini diharapkan memberikan banyak manfaat kepada warga desa utamanya dari sisi sosial dan ekonomi.

Ia mebeberkan, luaran KAT Kelompok VI ini pada dasarnya berupa gambar-gambar prarancangan dan video animasi rancangan. “Tentunya masih diperlukan perhitungan lebih lanjut jika nanti proyek jalan usaha tani dan penataan daerah limpahan air dam tanah putih siap diwujudkan,” katanya lagi.

Selain fokus di pengembangan ekowisata, pihaknya juga berupaya memperkuat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) khususnya perajin minyak kelapa tradisional dan virgin coconut oil (VCO) dengan melakukan pendampingan dari pengolahan, ‘packaging’ hingga pemasaran berbasis digital. Kegiatan lainnya yang dilakukan adalah melakukan pendataan warga dan membantu panitia penyelenggara Darmasaba Village Festival 2022.

Turut terlibat sebagai dosen anggota PkM yakni, Ni Putu Silvi, ST., M.T., I Gusti Agung Prabandari Tri Putri, SE., MM., Cokorda Istri Agung Vera Nindia Putri, SE., MM., serta Ni Putu Ari Setyaningsih, SH., MH. (W-009)

Next Post

King dan Queen Civic Law 2022 Dinobatkan

Rab Nov 23 , 2022
Ketua Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H., LL.M mengharapkan pemilihan King and Quen Civic Law ini mampu membawa nama Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan ke arah yang lebih baik serta mampu menjadi pionir dan mempromosikan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan agar tetap eksis di mata masyarakat luas.
Dewa Mangku 2-9ff93ea1