https://www.traditionrolex.com/27 Pileg 2024, Kursi DPRD Gianyar Kemungkinan Bertambah, Dapil Blahbatuh – Tampaksiring akan Dipisah - FAJAR BALI
 

Pileg 2024, Kursi DPRD Gianyar Kemungkinan Bertambah, Dapil Blahbatuh – Tampaksiring akan Dipisah

(Last Updated On: 18/06/2021)

GIANYAR-fajarbali.com | Pada Pileg 2024 mendatang kemungkinan jumlah kursi di DPRD Gianyar akan bertambah menjadi 45 kursi, dimana saat ini terdapat 40 kursi. Penambahan kursi ini seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk Gianyar yang sudah melebihi 500.000 jiwa. Dimana penduduk diatas 500.000 jiwa jumlah kursi di dewan sebanyak 45 kursi.

Komisisioner Divisi Perencanaan dan Data KPU Gianyar, AA Gede Agung Eka Putra, Rabu (16/6/2021) kemarin menyebutkan saat ini KPU Gianyar sedang melakukan kajian. “Persoalannya bukan saja menambah kursi, di Gianyar ada juga pemekaran Dapil,” ujar AA Eka Putra.

Sebelum diajukan ke KPU Pusat nantinya, KPU Gianyar terlebih dahulu mengadakan diskusi public dengan tokoh masyarakat dan akademisi. Hasil dari diskusi public itu, akan diserahkan ke KPU Pusat, baik menerima atau menolak penambahan kursi dan pemekaran dapil,” jelas AA Eka Putra.

Baca Juga :
Dewan Pertanyakan Capaian Retribusi Daerah, Realisasi Pajak PBB P2 Kecil Juga Dikritis
Bupati Mahayastra Siapkan Stimulus Bagi Pedagang Pasar, Pedagang Bakal Direlokasi di Pasar Yadnya, Blahbatuh

Saat ini di Gianyar terdapat lima dapil, Gianyar, Sukawati, Ubud, Blahbatuh-Tampasiring dan Payangan-Tegalalang. “Untuk pemekaran itu keputusan dari KPU Pusat, apakah menjadi 7 dapil, 6 dapil atau tetap 5 dapil seperti Pileg sebelumnya,” bebernya. Penduduk Gianyar di Tahun 2019 sebanyak 492.757 jiwa dengan nilai pembagi kursi 12.319 pemilih.

Sedangkan skema pembagian kursi perdapil  bila semua kecamatan menjadi dapil tersendiri maka Dapil Sukawati 10 kursi, Blahbatuh 6 kursi, Gianyar 9 kursi, Tampaksiring 5 kursi, Ubud 6 kursi, Payangan 4 kursi dan Tegalalang 5 kursi. “Ini baru skema, bisa saja berkurang satu atau nambah satu tiap dapil, ini baru skema bila 45 kursi,” tambahnya. (sar)

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Okupansi Hotel Rendah, Open Border diharapkan Terealisasi

Sab Jun 19 , 2021
Dibaca: 19 (Last Updated On: 18/06/2021)Denpasar-fajarbali.com | Nasib industri perhotelan hingga saat ini tengah berada pada tahap kemerosotan akibat pengaruh pandemi Covid-19. Pelaku usaha di sektor pariwisata masih menggantungkan harapannya, bahwa tahun ini bisa kembali bangkit dengan sejumlah stimulus yang diberikan pemerintah serta adanya program vaksinasi massal yang diharapkan dapat menekan […]

Berita Lainnya