Rayakan Hari Kartini, Astra Motor Bali Gaungkan #Cari_Aman Kepada Kartini Masa Kini 

(Last Updated On: )
Rayakan Hari Kartini, Astra Motor Bali gaungkan #Cari_Aman kepada Kartini masa kini. (Foto: ist)

 

DENPASAR-fajarbali.com | Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Astra Motor Bali bekerja sama dengan Polda Bali, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik serta IMI Bali menggelar seminar Hari Kartini yang diisi dengan kegiatan sosialisasi #Cari_Aman dalam berkendara, Rabu (24/4/2024).

Adapun tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk mengkampanyekan #Cari_Aman sekaligus mencetak generasi Kartini masa kini yang peduli atas keselamatan berkendara. Dalam kesempatan tersebut, seminar diikuti 55 orang peserta yang terdiri dari para wanita dari berbagai elemen mulai dari siswa sekolah, mahasiswa, komunitas dan para penggiat sosial.

Para pembicara yang hadir dalam seminar ini masing-masing memaparkan terkait keselamatan berkendara. Dari pihak kepolisian membahas tentang data kecelakaan dan aturan lalu lintas dan berbagai zona rawan kecelakaan di Denpasar. Kemudian dilanjutkan dengan sharing dari KOL (key opinion leader) yaitu Dewi Pradewi yang merupakan salah satu penyanyi kelahiran Bali yang telah memulai karirnya sejak tahun 2000-an.

Dalam penyampaiannya, Dewi Pradewi memberikan motivasi untuk kesetaraan gender antara pria dan wanita, namun saat di jalan raya keselamatan menjadi utama tanpa mengenal gender. Untuk itu Dewi mengajak seluruh wanita Bali menjadi bagian dalam pencegahan akibat dari kecelakaan di jalan raya.

Dikesempatan yang sama, team safety riding Astra Motor Bali juga membahas tentang kecelakaan yang sering terjadi dan dialami oleh sebagian besar wanita. Untuk itu perlunya pemahaman tentang teknik berbelok di persimpangan dan cara memprediksi bahaya di saat berada di jalan raya. Upaya yang bisa dilakukan oleh pengendara motor dalam menghindari kecelakaan adalah memahami pergerakan kendaraan, jaga jarak aman, awas dengan kondisi sekitar, waspadai blind spot, dan hindari gangguan selama mengemudi.

Peserta yang mengikuti acara ini sangat antusias, terlebih materi yang disampaikan dikemas secara menarik dan penuh dengan contoh-contoh penyimpangan yang sering terjadi di jalan raya. Selain sosialisasi, kegiatan juga diisi dengan quiz dengan hadiah helm SNI.

Perwakilan dari Kepolisian, Kasubdit Kamsel Polda Bali, Kompol Ni Putu Utari dalam hal ini menyebutkan, untuk memperkuat peran wanita dalam keselamatan berkendara di jalan raya perlu pemahaman yang sama yakni sebagai pelopor keselamatan berlalulintas dengan mentaati rambu-rambu dijalan dan konsep perlahan asal selamat menjadi pegangan.

Sementara itu, PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, Ngurah Iswahyudi mengatakan, kolaborasi ini dalam rangka memperingati Hari Kartini, dimana kegiatan ini lebih memfokuskan pada edukasi safety riding pada para wanita Bali yang lebih banyak menggunakan kendaraan sepeda motor untuk keseharian. Selain itu kegiatan ini juga dalam tujuan menguatkan campaign #Cari_Aman.

“Dengan semangat sinergi bagi negeri kami ingin peserta mendapatkan hal positif khususnya untuk para peserta wanita mulai paham bahwa keselamatan di mulai dari diri sendiri. Kami berharap, para peserta menjadi generasi #Cari_Aman dan menyebarluaskan materi dalam seminar ini kepada lingkungan keluarga dan masyarakat,” pungkas Iswahyudi. (M-001/rl)

Next Post

68 Siswa SMK Negeri 3 Singaraja Ikuti UKK Bersama Astra Motor Bali 

Sen Apr 29 , 2024
(Last Updated On: ) 68 Siswa SMK Negeri 3 Singaraja ikuti UKK bersama Astra Motor Bali. (Foto: ist)   SINGARAJA-fajarbali.com | Sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan kualitas anak didik di SMK mitra binaan, Astra Motor Bali melalui SHEP (Satu Hati Education Program) turut menjadi bagian dalam pelaksanaan kegiatan Uji Kompetensi […]
1714360577352_copy_800x626

Berita Lainnya