Padat Karya, Program Kelompok VII KAT UNR di Penatih Dangin Puri

Hal ini tercermin dari kegiatan yang dilakukan Kelompok VII Kuliah Aplikatif Terpadu (KAT) Tahun Akademik 2022/2023 yang mengambil lokasi di Desa Penatih Dangin Puri, Denpasar.

 Save as PDF

PARA Dosen Pembimbing Kelompok VII KAT UNR 2022.

 

DENPASAR – fajarbali.com | Sebagai perguruan tinggi, Universitas Ngurah Rai (UNR) berupaya menggali potensi-potensi yang ada di tengah masyarakat, khususnya di wilayah sekitar kampus. Salah satu wujudnya dengan menerjunkan dosen dan mahasiswanya dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pengabmas).

Hal ini tercermin dari kegiatan yang dilakukan Kelompok VII Kuliah Aplikatif Terpadu (KAT) Tahun Akademik 2022/2023 yang mengambil lokasi di Desa Penatih Dangin Puri, Denpasar.

Kelompok yang beranggotakan 23 mahasiswa lintas ilmu di UNR serta dibimbing empat dosen, Ir. I Gusti Made Sudika, MT (Ketua), dan anggota, Made Ayu Desy Geriadi, SMB., MM., Ni Luh Putu Ening Permini, SS., MAP., Made Ratna Witari, ST., M.Ars., Ni Ketut Sukanti, SE., MM., telah melakukan langkah nyata memaksimalkan potensi mitra.

Adapun program kerja yang telah dilakukan, meliputi penataan lingkungan dengan pembersihan dan penyemaian bibit di Kelompok Wanita Tani (KWT) Karang Abian, peningkatan kesehatan balita melalui kegiatan Posyandu di Banjar Lap Lap Kauh dengan pemberian bantuan PMT bagi balita.

Selanjutnya, pemberdayaan dan peningkatan kreativitas masyarakat melalui lomba mancing “Arya Catfish Competition” yang dibuka langsung Wali Kota Denpasar IGN Jaya Negara Minggu 27 November lalu.

WALI KOTA Denpasar IGN Jayanegara bersama Kelompok VII KAT UNR usai membuka Lomba Mancing “Arya Catfish Competition”

Kemudian pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bagi anggota KWT dan perajin bedeg melalui “Ceramah tentang Pemasaran melalui media digital” serta menyerahkan paket bahan kebutuhan pokok bagi warga yang membutuhkan.

“Kegiatan atau program kerja yang kami lakukan cukup padat, karena meliputi segala aspek potensi yang berpeluang dikembangkan, khususnya digitalisasi UMKM,” jelas Sudika, di Denpasar, Kamis (1/12).

Ia berharap, apa yang dilakukan kelompok VII ini memberi dampak signifikan terhadap mitra. Dan, pihaknya pun siap untuk bekerja sama secara kontinyu.

Kepala Desa Penatih Dangin Puri I Wayan Kamar menyambut baik program KAT di wilayahnya serta berharap bimbingan berkelanjutan dari Civitas Akademika UNR mengingat kerja sama yang baik telah terjalin antar kedua lembaga ini.

“Apalagi ada program pemenuhan gizi tambahan untuk balita. Ini sangat bermanfaat di tengah upaya pemerintah menurunkan angka stunting,” kata Kamar.

Senada, Ketua KWT Karang Abian, AA Anom Sawitri dan mitra perajin Bedeg I Nyoman Sudiana, merasakan betul dampak dari pendampingan yang dilakukan Kelompok VII KAT UNR. “Kami ingin ada program lanjutan. Jangan berhenti sampai di sini,” harap Sudiana. (Gde)

 Save as PDF

Next Post

Ini, Hasil Audit Evaluasi Kasus Stunting Bali

Kam Des 1 , 2022
Kepala Perwakilan BKKBN Bali dr. Luh Gede Sukardiasih, M.For., MARS., mengungkapkan, setidaknya ada empat persoalan mendasar yang ditemukan tim audit pada sasaran.
Luh De M For Mars-0e2168fc

Berita Lainnya