Mahasiswa Fishum UNR Diminta Ambil Peran Wujudkan New Public Management

Sri Sulandari menjelaskan, tema yang diangkat pada kuliah umum kali ini, yaitu “Penerapan Prinsip-Prinsip New Public Management dan Governance dalam Reformasi Administrasi”.

(Last Updated On: )

KAPRODI Administrasi Publik Fishum UNR Sri Sulandari (kanan) didampingi mahasiswi, Ni Putu Tati Suarniti.

 

DENPASAR – fajarbali.com | Perguruan tinggi saat ini dituntut untuk memberikan metode pembelajaran yang lebih inovatif dan aplikatif kepada mahasiswanya. Karenanya, Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Ngurah Rai (Fishum UNR)  menyelenggarakan Kuliah Tamu yang masuk dalam kalender akademik.

“Melalui penyelengagaraam kuliah tamu ini diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa terkait dengan mata kuliah Pengantar Ilmu Administrasi Negara baik secara teoritis maupun aplikatif,” kata Kaprodi Administrasi Publik Fishum UNR Sri Sulandari, S.Sos., MAP., di sela kegiatan, Sabtu (29/10).

Sri Sulandari menjelaskan, tema yang diangkat pada kuliah umum kali ini, yaitu “Penerapan Prinsip-Prinsip New Public Management dan Governance dalam Reformasi Administrasi”.

Kegiatan dihelat seacara daring melalui aplikasi zoom meeting, dihadiri oleh Dekan, dosen dan Narasumber Dr. Drs. I Gede Wijaya, MM. Wijaya merupakan Kepala BKPSDM Kabupaten Badung. “Sehingga beliau sangat pas menjadi narasumber karena seorang praktisi,” jelas Sri Sulandari.

Pihaknya berharap, dengan adanya kuliah tamu ini, para mahasiswa dapat  memahahami praktik-partik dari new public managment yang disampaikan oleh narasumber. Apalagi mahasiswa adalah agen perubahan yang menjadi tumpuan masa depan bangsa.

“Pelayanan yang baik akan terwujud apabila ada pelayan yang baik. Pelayanan yang baik akan tercipta apabila kita bisa menghapus mindset dari birokrasi bahwa birokrat bukan melayani tapi sebagai pelayan masyarakat,” katanya.

Sementara itu, Wijaya memaparkan bahwa pentingnya new public management sebagai bagian untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang Baik (Good Governance) guna menghindari terjadi peluang KKN (Kolusi, Korupsi, dan Nepotisme) dalam sebuah birokrasi.

 “New public management juga sangat perlu dalam upaya pemberian pelayanan kepada masyarakat agar terciptanya pelayanan yang prima,” kata Wijaya. Ia mengapresiasi antusiasme mahasiswa mengikuti kuliah ini hingga selesai.

Ni Putu Tati Swarniti, mahasiswi semester VII mengaku senang bisa mendapatkan tambahan pengalaman dalam mengikuti berbagai seminar maupun webinar yang diselenggarakan Fishum.

Tati berharap dengan mengikuti webinar kuliah tamu kali ini bisa menambah wawasan terkait dengan Prinsip-prinsip new public management dan governance dalam reformasi administrasi.

“Dengan mengikuti kuliah tamu hari ini kami mendapatkan wasasan tambahan, kami juga mendapatkan tambahan pengalaman dengan mengikuti berbagai seminar zoom meeting yang sebelumnya tidak pernah kami ikuti,” tutup dia. (Gde)

Next Post

Sabar dan Sadar

Ming Okt 30 , 2022
Optimisme generasi muda selalu muncul sebagai energi positif yang mendorong perubahan ke arah yang lebih baik.
Gung Eddy Sabar dan Saadar-95f99c09

Berita Lainnya