Upaya Wujudkan Target RPJMN BKKBN Tahun 2019 – 2024

(Last Updated On: )

Pembukaan Pertemuan Penyelarasan Program Bidang KBKR Tahun 2024 di Kuta, Badung, Bali.

MANGUPURA- fajarbali.com | Program Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR), Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar pertemuan Penyelarasan Program Bidang KBKR Tahun 2024 di Kuta, Badung, Bali.

Kegiatan yang berlangsung dari 20 hingga 23 Februari 2024 itu, bertema ‘Akselerasi Pencapaian Indikator Program Bangga Kencana untuk Mewujudkan Target Rencana Pembangunan Jangka Menegah Nasional (RPJMN) Tahun 2019 – 2024 Melalui Pertemuan Penyelarasan Program KBKR Tahun 2024’.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan komitmen dan koordinasi Program Bidang KBKR. Demikian kata Plt. Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi Sukaryo Teguh Santoso, mewakili Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

Di tahun 2023, kata Sukaryo, BKKBN telah berhasil menunjukan hasil kinerja yang cukup baik. Menurutnya, hal ini terlihat dari realisasi atau pencapaian IKU BKKBN tahun 2022 dibandingkan tahun 2023. Diantaranya: Penurunan unmet need KB dari 14,7% pada tahun 2022 menjadi 11,5% di tahun 2023; Peningkatan mCPR dari 59,4% menjadi 60,4%; Peningkatan PA MKJP dari 22,2% menjadi 23,6%; Penurunan angka putus pakai pemakain kontrasepsi  dari 21,6% menjadi 20,3%; serta  Penurunan ASFR 15-19 tahun dari 22,8 kelahiran menjadi 19,7 kelahiran.

Untuk itu, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada para Pengelola program KB di Tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota, Pemerintah Daerah, Organisasi Profesi dan para mitra kerja BKKBN atas kerjasamanya yang baik, kolaborasi dan partisipasinya dalam mendukung penyelenggaraan program KB di Indonesia di tahun 2023.

“Namun demikian pada kesempatan ini saya juga berharap kepada saudara-saudara peserta pertemuan ini agar berpartisipasi aktif dan dapat menyumbangkan pemikirannya yang baru  agar tercipta suatu inovasi dan strategi-strategi agar target- target  pada RPJMN 2024 dapat tercapai, khususnya target-target di Bidang Keluarga Berencana  dan Kesehatan Reproduksi,” harapnya. 

Ia melanjutkan, BKKBN pada 2024 merumuskan empat bidang program sebagai kegiatan prioritas. Keempat kegiatan prioritas tersebut sejalan dengan visi dan misi BKKBN, yakni menciptakan keluarga berkualitas serta menjaga pertumbuhan penduduk yang seimbang.

Keempat program prioritas, dimaksud terdiri dari percepatan penurunan stunting, percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, optimalisasi kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB), dan program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana).

Untuk di Provinsi Bali, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali, Dewa Made Indra yang juga hadir memberikan sambutan, memberikan apresiasi dan terima kasih atas digelarnya pertemuan penyelarasan program KBKR ini di Bali.

Dewa Indra menyebut, pertemuan ini sangat penting untuk penyelarasan program kegiatan di kedeputian KBKR.

Pihaknya juga menyampaikan, penyelarasan ini dari hasil evaluasi untuk capaian yang akan diraih tahun – tahun ke depannya. Dengan penyelarasan ini, maka diharapkan program KBKR berjalan fokus dan sinergis.

“Tidak ada yang lepas satu sama lain, semua bergerak menuju ke satu sasaran yang telah ditetapkan,” kata dia.

Pihaknya berharap, kegiatan ini berjalan dengan baik, dan menghasilkan satu keselarasan dari keseluruhan program dan kegiatan di kedeputian KBKR. Dewa Indra juga menyampaikan hubungan yang antara Pemprov Bali dengan Kepala BKKBN Bali, Sarles Brabar. “Kami bersinergi dan berkolaborasi dengan baik antara Pemprov Bali dengan BKKBN Bali,” kata dia. (rel)

 

Next Post

Mandiri Investment Forum, Tangkap Peluang Investasi di 2024

Rab Feb 21 , 2024
(Last Updated On: ) DENPASAR-fajarbali.com | Bank Mandiri bersama anak perusahaan Mandiri Sekuritas akan kembali menggelar Mandiri Investment Forum (MIF) 2024. Forum investasi tahunan terbesar ini, akan berlangsung selama lima hari mulai dari tanggal 4 Maret 2024 hingga 8 Maret 2024, dengan rangkaian acara yang terdiri dari Macro Day, Investment […]
653a355e-a1db-4ba0-873b-e886e4362ef7

Berita Lainnya