Sambut Hari Anak, FAD Kota Denpasar Gelar Berbagai Kegiatan

(Last Updated On: )

Denpasar – fajarbali.com | Sambut hari anak nasional, Forum Anak Denpasar (FAD) menggelar berbagai lomba. Ini sebagai salah satu memeriahkan peringatan HUT Hari Anak.


Ketua FAD Kota Denpasar, Komang Nova saat ditemui di Kota Denpasar, Kamis, (22/7/2021) menyampaikan, saat ini Kota Denpasar merupakan Kota Layak Anak dengan Kategori Utama. Hal ini bisa tercapai salah satunya karena Komitmen Pemerintah Kota Denpasar bersama stakeholder terkait untuk mewujudkan Kota Denpasar ramah bagi anak dengan berupaya memenuhi hak-hak anak dan melindungi anak-anak Kota Denpasar. Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli serentak di seluruh Indonesia. 

Baca Juga :
Vaksinasi Untuk Usia 12-17 Tahun di Karangasem Capai 41.175
Dukung Vaksinasi Siswa, SMK PGRI 6 Denpasar Inginkan Belajar Tatap Muka

Peringatan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Berbeda dengan peringatan pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan HAN tahun ini menghadapi tantangan karena adanya pandemic Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia yang berimplikasi pada masyarakat, terutama anak, mengalami berbagai persoalan seperti masalah pengasuhan bagi anak yang orangtuanya positif COVID-19, kurangnya kesempatan bermain dan belajar serta meningkatnya kasus kekerasan selama pandemic sebagai akibat diterapkannya kebijakan jaga jarak maupun belajar dan bekerja di rumah.

Berdasarkan tantangan tersebut, maka tema HAN tahun 2021 adalah “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan Tagline #AnakPedulidiMasaPandemi. “Ini sebagai motivasi bahwa pandemik tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan HAN tahun ini secara virtual, tanpa mengurangi makna HAN,” jelasnya.

Melalui Tema HAN Tahun 2021 di Kota Denpasar “Bersinergi dalam Kreasi Berbasis Budaya dan Teknologi”  mengajak anak-anak Kota Denpasar untuk tetap Aktif dan kreatif di masa Pandemi Covid-19 dengan memanfaatkkan teknologi dan tetap tidak melupakan budaya, salah satunya melalui permainan tradisional.

Peringatan HAN Tahun 2021 di Kota Denpasar diisi melalui lomba-lomba untuk Anak dan remaja dalam pemenuhan hak partisipasi anak. Kegiatan dan lomba serangkaian menyambut Hari anak Nasional sudah dimulai dari pertengahan Bulan Juni Tahun 2021, yang akan dilaksanaka secara Daring dan Luring. Kegiatan ini diadakan oleh Forum Anak Daerah Kota Denpasar yang bekerjasama dengan APSAI Kota Denpasar dan stakeholder terkait.

Ketua Panitia Penyelenggara I Komang Agus Wahyu Wana Wangsawan menyampaikan berbagai lomba dilaksanakan diantaranya: Lomba Melukis Tote bag untuk anak ABK (Anak Berkebutuhan Khusus), Lomba Mewarnai untuk anak TK & Paud.Lomba Megending Rare untuk anak umur dibawah 14 Tahun, Lomba Mesatua Bali untuk anak umur dibawah 14 Tahun, Lomba Cerdas Cermat untuk anak SD, Lomba Menyanyi Grup Lagu Nasional untuk anak SMP, Lomba Poster Digital untuk anak SMP & SMA, Lomba Esai Kritik untuk anak umur dibawah 18 Tahun, Lomba Video Pendek untuk anak umur dibawah 18 Tahun dan Lomba Video Tiktok untuk anak umur dibawah 18 Tahun.

Peringatan Hari Anak Nasional diadakan dengan lomba-lomba sebagai momentum untuk menunjukkan anak-anak Kota Denpasar dapat tetap berprestasi, gembira, kreatif, dan inovatif meskipun berada di rumah selama Covid-19. Di masa pandemi covid-19 sekarang ini, keseharian anak ikut berubah. Mereka tidak lagi memiliki kesempatan berinteraksi bersama dengan teman sebayanya seperti biasanya.

Namun, hal tersebut tidak lantas membuat mereka berhenti peduli antar sesama. Pentingnya karakter kepedulian dalam lingkungan masyarakat sangat dibutuhkan di tengah pandemi virus covid-19 seperti ini karena dampak dari virus ini begitu luas, tidak hanya mengancam nyawa, tapi juga berpengaruh terhadap kondisi psikis masyarakat terutama anak-anak.

Pada penyelenggaraan HAN tahun ini, anak-anak memiliki kesempatan untuk menunjukkan kepeduliannya terhadap sesama agar tetap bergembira di rumah. Puncak Hari Anak Nasional Tahun 2021di Kota Denpasar rencananya akan dilakukan pada tanggal 3 Agustus 2021 dan akan bersamaan dengan pelantikan pengurus Forum Anak Daerah Kota Denpasar, Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Kota Denpasar, dan FK PUSPA Kota Denpasar oleh Bapak Walikota Denpasar dengan tetap menyesuaikan dan mematuhi protokol Kesehatan di masa Pandemi Covid-19.

“Semoga melalui Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, Anak-anak Indonesia khususnya anak-anak di Kota Denpasar tetap menjadi anak yang berprestasi, gembira, kreatif, dan inovatif. Anak Terlindungi, Denpasar Maju,” pungkasnya. (car)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pertempat Kios, Los dan Emperan Diberikan Bantuan

Rab Jul 28 , 2021
(Last Updated On: )Gianyar- fajarbali.com | Pasca kebakaran Pasar Blahbatuh, Pemkab Gianyar memberikan bantuan stimulus kepada seluruh pedagang. Terdapat 499 pedagang yang mendapat stimulus, termasuk perorangan yang rumahnya terbakar. 

Berita Lainnya