Rektor Unwar Baru, Genjot Lima Program Prioritas

Sebelum terpilih menjadi rektor, Prof. Pandit pernah menjabat sebagai Wakil Dekan di Fakultas Pertanian Unwar, Dekan Fakultas Pertanian, Direktur Program Pascasarjana Unwar, dan Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unwar.

(Last Updated On: )

(ki-ka) Dr. Drs. AA Gde Oka Wisnumurti, M.Si., Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP &E., Sp. ParK., Ny. Mirsa Widjana, Prof. Dr. Ir. I Gede Suryana Pandit, MP., dan Ny. Ida Ayu Agustini Pandit.

 

DENPASAR – fajarbali.com | Prof. Dr. Ir. I Gede Suranaya Pandit, MP., secara resmi dilantik menjabat Rektor Universitas Warmadewa (Unwar) Peridoe 2023-2027 menggantikan Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK., di Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar, Kamis (16/3).

Sebelum dilantik oleh Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali (YKKPB), Prof. Pandit mengikuti prosesi majaya-jaya di Pura Swagina Sri Ksari Unwar. Dilanjutkan dengan pengambilan Sumpah Jabatan. Prof. Pandit merupakan pemenang dalam pemilihan rektor, unggul dari tiga kandidat lain.

Sebelum terpilih menjadi rektor, Prof. Pandit pernah menjabat sebagai Wakil Dekan di Fakultas Pertanian Unwar, Dekan Fakultas Pertanian, Direktur Program Pascasarjana Unwar, dan Kepala Badan Penjaminan Mutu (BPM) Unwar.

Terpilih menjadi Rektor Unwar, Prof. Pandit ingin membawa Unwar menuju unggul, berdaya saing di tingkat Asean, dan mampu mensejahterakan civitas akademika Unwar. Untuk mencapai visi tersebut, ada beberapa program kerja yang akan dikerjakannya.

Pertama, menjadikan SDM Unwar unggul. Baik pada tenaga pengajar/dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa. Kedua, menciptakan kurikulum berbasis education based learning. Dimana, luaran mahasiswa memiliki daya saing ditingkat Asean.

Ketiga, melaksanakan sistem penjaminan mutu melalui siklus PPIPP yang diikuti dengan based marking. Keempat, melaksanakan tradisi penelitian, pengabdian kepada masyarakat yang memiliki luaran berindek scopus, HAKI, Paten, maupun buku yang memiliki ISBN. Dan kelima, menjadikan lulusan yang memiliki karakter Sapta Bayu, sehingga lulusan memiliki jiwa kepemimpinan, anti korupsi, loyal, dan mampu membawa institusi unggul.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Dr. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., mengungkapkan terpilihnya dan ditetapkannya Prof. Pandit sebagai Rektor Unwar periode 2023-2027 diawali dengan proses penjaringan, pendaftaran para calon dan tahapan seleksi oleh senat Unwar.

Ada lima calon mengajukan diri, dan senat memutuskan empat calon yang dirokemdasikan untuk diusulkan ke yayasan. Yayasan (Kesejahteraan Korpri-red) kemudian melakukan pendalaman visi misi calon rektor, dilanjutkan dengan konsultasi yang melibatkan pembina, pengurus dan pengawas yayasan.

Dan, terakhir diputuskan satu dari empat calon rektor yang kemudian ditetapkan sebagai Rektor Unwar periode 2023-2027. Dari mekanisme dan prosedur yang dilakukan ini sangat demokratis, tapi tetap mengacu pada statuta Universitas Warmadewa.

“Mengapa kita memilih Prof. Pandit, tentu pertimbangan berdasarkan pendalaman visi misi dan pengalaman selama mengemban tugas di Universitas Warmadewa,” ujar Wisnumurti.

Oleh karena itu, Pandit diharapkan mampu menjadikan Unwar unggul, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global tahun 2034 sesuai dengan visi Unwar. “Mari kita dukung rektor yang baru, mudah-mudahan mampu menjadi nahkoda kapal besar Universitas Warmadewa menuju pada cita-citanya unggul, berwawasan ekowisata, dan berdaya saing global tahun 2034,” pungkasnya.

Serahterima jabatan Ketua Ikatan Wanita Warmadewa (Iwanwar) periode 2023-2027 juga dilakukan bersamaan. Ny. Mirsa Widjana secara resmi diberhentikan dengan hormat, dan diganti oleh Ny. Agustini Pandit. (Gde)

Next Post

Bentuk Tim Faseta, Wujudkan Pelayanan Bidang Pertanahan

Jum Mar 17 , 2023
(Last Updated On: ) Rapat koordinasi Tim Fasilitasi Penyelesaian Sengketa dan Konflik Pertanahan (Faseta) secara virtual SINGARAJA – fajarbali.com | Sengketa pertanahan merupakan bentuk permasalahan kompleks dan multidimensi. Untuk itu diperlukan sinergi antar perangkat daerah baik vertikal dan horizontal agar dapat memberi kepastian hukum dan tercapai layanan secara maksimal. Demikian […]
BULELENG, rapat koordinasi Tim Fasilitasi Penyelesaian Sengketa dan Konflik Pertanahan (Faseta) secara virtual

Berita Lainnya