Petugas Desa Sosialisasi Disiplin Penerapan Prokes di Kos-kosan

22 Views

DENPASAR -fajarbali.com |Petugas dari Desa Dangin Puri Kelod kembali melakukan pendataan penduduk pendatang (duktang) di wilayah lingkungan Banjar Yangbatu Kauh Denpasar, Sabtu (17/10/2020). Dalam pendataan duktang itu juga dilakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) guna mencegah penyebaran wabah pandemi covid-19. 

Sosialisasi prokes ini dilakukan guna mendukung keluarnya Pergub Nomor 46 dan Perwali Nomor 48 Tahun 2020 tentang Disiplin Protokol Kesehatan dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai upaya Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru. 

Dalam kegiatan yang diikuti Satgas Covid-19 Desa Dangin Puri Kelod bersama Babinkamtibmas, Babinsa serta stakeholder lainya, tercatat sebanyak 71 penduduk non permanen di lingkungan Banjar Yangbatu Kauh. 

Dari 71 orang tersebut, sebanyak 45 orang dari luar Provinsi Bali dan 26 ber-KTP Provinsi Bali, seluruhnya lengkap mengantongi identitas kependudukan. 

Namun mereka diberikan pembinaan untuk melaporkan diri ke kantor desa sebagai pertanggungjawaban jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Terkait pendataan duktang dan sosialisasi prokes itu, Perbekel Desa Dangin Puri Kelod, Made Sada membenarkannya. Ia mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan kali ini guna mengecek penerapan disiplin protokol kesehatan serta administrasi kependudukan seperti kos-kosan dan kontrakan di lingkungan Desa Dangin Puri Kelod. 

Dimana, hal ini berkaitan dengan pengendalian dan pendataan penduduk pendatang serta penerapan protokol kesehatan (3M) yakni wajib mencuci tangan, menggunakan masker serta menjaga jarak.

Dijelaskan Made Sada, pelaksanaan kegiatan kali ini juga untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat bahwa aturan tersebut dilaksanakan pengawasan intensif yang disertai penegakan hukum berupa denda.  

Pihaknya juga turut mengapresiasi tumbuhnya kesadaran masyarakat. Hal ini terbukti dengan nihilnya pelanggaran pada pelaksanaan sidak kali ini. 

“Kami memberikan apresiasi kepada masyarakat yang sudah mulai sadar dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan guna mendukung pencegahan penyebaran Covid-19,” katanya saat dihubungi wartawan, Sabtu (17/10/2020). 

Ia juga mengatakan masyarakat sebaiknya mengetahui dan semakin paham bahwa cara yang sederhana dan paling efektif untuk mencegah penularan Covid-19 adalah disiplin dan kesadaran pada diri sendiri dan memakai masker yang benar. 

“Tidak menaruh masker di leher. Dengan mengikuti itu semua maka Covid-19 cepat bisa kita atasi dan perekonomian bisa pulih kembali,” sebutnya. (hen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Dua Mobil Tabrakan, Tidak Ada Korban Jiwa

Ming Okt 18 , 2020
22 Views KUTA -fajarbali.com |Kecelakaan lalulintas yang terjadi di Jalan Bypass Ngurah Rai Jimbaran Kuta Selatan, pada Minggu (18/10/2020), melibatkan mobil Daihatsu Xenia berplat DK 1011 FS dengan mobil Honda Jazz plat DK 1138 JF. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kecelakaan itu.