Penyandang Disabilitas Turut Meriahkan HUT Ke-14 Mangupura

Melalui pementasan tarian dan menyanyi yang telah dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri dari penyandang disabilitas.

(Last Updated On: )
Para penyandang disabilitas saat menarikan Tari Sekar Jepun memeriahkan Pesta Rakyat HUT ke-14 Mangupura, Minggu (22/10). 

 

MANGUPURA-Fajarbali.com | Memeriahkan Pesta Rakyat HUT ke-14 ibukota Kabupaten Badung “Mangupura”, Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Badung memberikan kesempatan penyandang disabilitas menampilkan kreativitasnya. Melalui pementasan tarian dan menyanyi yang telah dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri dari penyandang disabilitas. 

Kadis Sosial Kabupaten Badung I Ketut Sudarsana mengatakan, dalam rangka memeriahkan HUT ke-14 Mangupura, pihaknya memilih untuk memberdayakan penyandang disabilitas. Hal ini dilakukan dalam pementasan tari dan menyanyi. “konsep kita adalah pemberdayaan disabilitas. Umumnya memiliki mental yang mohon maaf kurang, kita harus berdayakan,” ujar Sudarsana saat ditemui usai kegiatan, Minggu (22/10). 

Menurutnya, pemberdayaan disabilitas ini penting dilakukan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Sebab ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh penyandang disabilitas. “Mereka (penyandang disabilitas) menganggap dirnya tidak menjadi apa-apa dan tidak berdaya, itu yang kita bangkitkan. Satu mereka memiliki kemampuan seni, kemampuan mencari nafkah, seperti mereka dilatih untuk massas mereka diberikan kemampuan lain, sehingga bisa mengaktualisasi dirinya dan meningkatkan pemberdayaan dirinya,” ungkapnya. 

Disisi lain Dinas Sosial juga memberikan bantuan kepada penyandang disabilitas, masyarakat yang masuk dalam data DTKS, dan masyarakat yang mengalami kemiskinan ekstrim. Bantuan ini pun berupa sembako dan kursi roda kepada penyandang disabilitas. “Bantuan kepada disabilitas ini diberikan kepada 3.450 sesuai datanya, kursi roda sudah diberikan sebanyak 50 kursi roda. Nanti di perubahan ada lagi,” jelasnya. 

Lebih lanjut Sudarsana menyatakan, bantuan berupa sembako diberikan dalam bentuk beras dan telor. Untuk menunjang kebutuhan karbohidrat dan protein. Kemudian ia juga mengaku seluruh bantuan yang diberikan akan berlanjut. 

“Kegiatan ini tetap terus berlanjut sampai nantinya mereka terfasilitasi pemberdayaannya dan kebutuhannya. Nanti diperubahan (APBD 2023) ada juga,” paparnya.W-004

 

Next Post

Ibu-Ibu Ikuti Lomba Masak Serba Ikan Meriahkan HUT Mangupura

Sen Okt 23 , 2023
Melalui lomba ini, dengan makan ikan, menjadikan generasi sehat, cerdas dan kuat menuju Badung kuat dan Unggul.
Lomba masak

Berita Lainnya