Kuota Unud 7.210 Kursi, Calon Maba Diharapkan Rajin “Update” Informasi

“Persentase diterima di perguruan tinggi negeri hanya beberapa persen, Jadi jangan kecil hati jika tidak diterima. Kuliah di perguruan tinggi swasta atau akademi pun juga tidak masalah, yang penting cari perguruan tinggi yang mempunyai reputasi baik”. (Ismaini Zain).

(Last Updated On: )

PNB-Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2024 pada Selasa (6/2/2024) bertempat Kampus Unud Sudirman, Denpasar.

DENPASAR-fajarbali.com |  Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbesar di Bali, Universitas Udayana (Unud), menyediakan total 7.210 kursi bagi mahasiswa baru (maba) dari semua program studi (prodi), pada tahun akademik 2024/2025.

Untuk memperluas informasi ke masyarakat, Unud menggelar Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun 2024 pada Selasa (6/2/2024) bertempat Kampus Unud Sudirman, Denpasar. Sosialisasi berlangsung hybrid mengundang kepala sekolah, petugas Bimbingan Konseling serta perwakilan kelas XII dari SMA/SMK se-Bali.

Narasumber sekaligus Koordinator Humas dan Promosi SNPMB 2024, Dr. Dra. Ismaini Zain, M.Si, meminta calon maba serta pelaksana untuk selalu mengupdate informasi dan rajin-rajin membaca panduan.

Kata Ismaini, pelaksanaan SNPMB Tahun 2024 diawali dengan Registrasi Akun SNPMB pada Portal SNPMB (https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id). Pendaftar wajib memiliki akun SNPMB melalui Single Sign On (SSO) mulai kegiatan pengisian PDSS, Pendaftaran SNBP, hingga pendaftaran UTBK-SNBT.

UTBK akan dilaksanakan di 74 Pusat UTBK PTN dan sub pusat UTBK yang menjangkau lebih luas di beberapa wilayah.

Ismaini juga menyampaikan, terdapat perbedaan untuk ketentuan pemilihan prodi pada Jalur SNBT Tahun 2024. Peserta Jalur SNBT diperbolehkan memilih maksimal empat prodi yang terdiri dari dua pilihan program akademik (sarjana) dan dua pilihan program vokasi (diploma tiga dan diploma empat/sarjana terapan).

“Persentase diterima di perguruan tinggi negeri, hanya beberapa persen, jadi jangan kecil hati jika tidak diterima. Kuliah di PTS atau akademi pun juga tidak masalah, yang penting cari perguruan tinggi yang mempunyai reputasi baik,” katanya.

Berdasarkan Permendikbudristek Nomor 48 Tahun 2022 dan perubahan terakhir Permendikbudristek Nomor 62 Tahun 2023, terdapat tiga jalur masuk penerimaan mahasiswa baru (PMB) 2024 program diploma dan program sarjana pada perguruan tinggi negeri (PTN)

Tiga jalur tersebut yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP); Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT); dan Seleksi Mandiri. Dalam tahapan SNPMB PTN tahun 2024, registrasi akun SNPMB Sekolah pada 8 Januari hingga 8 Februari 2024 dan registrasi akun SNPMB siswa pada 8 Januari hingga 15 Februari 2024.

Pengisian pangkalan data sekolah dan siswa (PDSS) dilakukan pada 9 Januari s.d. 9 Februari 2024. Selanjutnya pendaftaran SNBP pada 14 s.d. 28 Februari 2024.

Sebelumnya, dalam sambutannya, Rektor Unud, Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, M.T., Ph.D., IPU menyampaikan, Unud merupakan salah satu PTN sebagai penyelenggara PMB tahun 2024.

Memandang perlu melakukan sosialisasi SNPMB kepada SMA/sederajat khususnya yang ada di Provinsi Bali dengan menghadirkan narasumber Panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

“Sudah tentu terdapat informasi-informasi baru terkait dengan kebijakan dari Kementerian yang telah ditetapkan dalam SNPMB tahun 2024,” ujar rektor.

Dalam kegiatan ini Unud sekaligus menyosialisasikan program studi (prodi) dan jalur PMB di Unud yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. I Gede Rai Maya Temaja.

Di tahun 2024, Unud juga berencana membuka kembali jalur prestasi yaitu Penelusuran Jalur Mandiri Prestasi (PJMP) yang informasinya disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Prof. I Ketut Sudarsana.

Dalam kesempatan itu, Rektor Unud menyampaikan bahwa saat ini Unud memiliki 13 fakultas dan 1 pascasarjana. Dengan 124 prodi dari jenjang diploma, S1, S2, S3, termasuk profesi dan dokter spesialis.

 Unud saat ini berbentuk Badan Layanan Umum (BLU) dan sedang berproses untuk menuju PTN Berbadan Hukum. Akreditasi institusi Universitas Udayana saat ini sudah Unggul, dan sebagian besar prodi juga telah meraih predikat Unggul, A, dan Baik Sekali. Serta sudah ada yang meraih akreditasi internasional.

Rektor berharap daya tampung terpenuhi. Diisi oleh mahasiswa-mahasiswi dari seluruh penjuru tanah air untuk melanjutkan pendidikan tinggi.* (gde)

Next Post

Semarak Perayaan Imlek di TCI Fakultas Pariwisata Unud

Rab Feb 7 , 2024
Konsulat Tiongkok memberikan dukungan terhadap kerja sama budaya dan pendidikan antara Tiongkok dan Indonesia. Hubungan antar ke dua negara pun semaik erat setelah tiga tahun sempat terhenti akibat pandemi covid-19.
9f9572ff-4668-4889-a045-f50e63da71fe

Berita Lainnya