Kendalikan Penyakit Tidak Menular di Desa Tibubeneng, Poltekkes Kemenkes Denpasar Gelar Pengabmas Nasional PPDS

Hasil riset para dosen Politeknik Kesehatan Kemenkes Denpasar, menemukan bahwa hipertensi dan diabetes melitus cukup tinggi terjadi di Desa Tibubeneng, Kuta Utara, Badung.

(Last Updated On: )
Pembukaan Pengabmas Nasional Program Pengembangan Desa Sehat, mengusung tema “Pemanfaatan Kearifan Lokal Bali Menuju Desa Sehat Wisata Bebas Penyakit Tidak Menular” di Kantor Perbekel Tibubeneng, Kuta Utara, Badung.

MANGUPURA-fajarbali.com | Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Denpasar berkolaborasi dengan Poltekkes Kemenkes Semarang, menggelar Pengabdian Masyarakat (Pengabmas) Nasional Program Pengembangan Desa Sehat, mengusung tema “Pemanfaatan Kearifan Lokal Bali Menuju Desa Sehat Wisata Bebas Penyakit Tidak Menular”.

Pengabdian berlangsung di Desa Tibubeneng, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, dan dibuka Kepala Desa Tibubeneng I Made Kamajaya, di Kantor Desa setempat, Sabtu (6/7/2024). Kegiatan ini turut didukung Puskesmas Kuta Utara.

Ketua Pengabmas Nasional, Dr. Ns. Komang Ayu Henny Achjar. SKM. M.Kep. Sp.Kom., menjelaskan, pengabdian nasional tersebut bertujuan untuk mengendalikan dua penyakit tidak menular tetapi tergolong “silent killer”, yakni hipertensi dan diabetes melitus (kencing manis). Sasaran dalam pengabdian ini adalah para kader lansia dari 13 dusun/banjar se-Desa Tibubeneng, serta penderita pengidap hipertensi dan diabetes.

Pengabmas ini merupakan tindak lanjut hasil riset seluruh dosen Poltekkes Kemenkes Denpasar sebelumnya. Ditemukan kasus hipertensi dan diabetes melitus cukup tinggi di desa yang pariwisatanya sedang berkembang pesat tersebut. Sehingga pihaknya memfokuskan kegiatan ini sebagai upaya pengendalian sekaligus pencegahan.

Pemeriksaan kesehatan gratis untuk penderita hipertensi dan diabetes melitus.

‘’Kami kumpulkan para kader lansia, keluarga dan penderita untuk mendapatkan penyuluhan penyakit tidak menular, demo menu diet sehat bagi penderita hipertensi dan diabetes, terapi komplementer senam kaki serta pemeriksaan kesehatan seperti gula darah, tensi, kolesterol, asam urat dll. jelas Henny didampingi anggota pengabdi; Dr. Djamaluddin  Ramlan, SKM,  M.Kes., Dr. Sri Rahayu, SKp Ns, S.Tr.Keb, M.Kes., Dr. Agus Sri Lestari. Skep. Ns.MErg., I Ketut Gama. SKM. Mkes., Dr. Ni Komang Wiardani , SST. M.Kes., serta Dr. drg I Gusti Agung Ayu Dharmawati, M. Biomed.

Henny mengingatkan, masyarakat untuk tidak menganggap sepele hipertensi dan diabetes. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat, olahraga teratur, menghindari stress merupakan cara efektif untuk mencegahnya. Dipilihnya tema kearifan lokal, menurutnya karena Bali pada umumnya sangat kaya dengan potensi kelompok agregat yang bisa diberdayakan, tak terkecuali di Desa Tibubeneng.

“Di sini ada Sekaa Teruna Teruni, Kader Lansia, PKK, Paiketan Krama Istri (Pakis), Pecalang dan penderita (diabet dan hipertensi), semua kita libatkan. Istilahnya bergotong royong menangani penyakit tida menular. Apalagi di sini termasuk desa wisata yang menyebabkan warganya sibuk,” jelas Henny.

Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Tibubeneng dan Puskesmas Kuta Utara yang mendukung penuh kegiatannya. Rencananya, Henny dan tim akan merancang poject toilet ramah lansia, kursi dan tripot untuk memudahkan aktivitas penderita hipertensi dan diabet, pembuatan herbal dari produk lokal Bali, terapi komplementer biomassage, akupuntur, terapi musik, herbal dan sebagainya .

‘’Untuk kasus penderita hipertensi dan diabetes dengan ketergantungan berat, diperlukan sarana khusus seperti toilet dan alat-alat pendukung mobilisasi lainnya,’’ katanya. Lansia yang disertai maslah kesehatan memerlukan perhatian dari masalah psikis, fisik, sosial, ekonomi dan spiritual.

‘’Orangtua itu sudah tidak perlu lagi pakaian yang mewah, makanan yang mahal atau diajak jalan-jalan jauh. Mereka sangat memerlukan kasih sayang. Ajak mereka ngobrol, beri sentuhan hangat. Secara alamiah, lansia pasti mengalami penurunan psikis dan fisik. Ini perlu dijaga bersama,’’ harap Henny.

Made Kamajaya selaku pimpinan Pemerintah Desa Tibubeneng mengutarakan hal senada. Bak gayung bersambut, pihaknya juga telah membuat program khusus bagi para lansia yang berjumlah lebih dari 1000 orang di wilayahnya. Belum lama ini, ia mengajak 800 lansia outbond ke Bedugul, Tabanan.

‘’Saya lihat mereka sangat bahagia sekali,’’ jelas Kamajaya. Dalam waktu dekat, pihaknya berencana mengajak lansia Tibubeneng tirta yatra ke Pulau Jawa. Dukungan ini di luar dari program anggaran untuk posyandu lansia, senam sehat hingga dukungan pakaian olah raga.

‘’Begitu besar jasa orangtua kepada kita sebagai anak/cucunya. Bahkan disebutkan orangtua adalah Tuhan yang terlihat. Saya punya keyakinan bahwa perhatian yang tulus dari anak/cucu jauh lebih manjur dari obat-obatan. Jadi jangan karena alasan kesibukan menjadikan kita cuek terhadap orangtua’’ tegas Kamajaya.

Oleh karena itu, Kamajaya menyambut baik kerja sama dengan Poltekkes Kemenkes Denpasar dan Puskesmas Kuta Utara sebagai upaya bersama meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Tibubeneng khususnya lagi para lansia. Selama ia menjabat Kepala Desa/Perbekel, Kamajaya tidak hanya melulu membangun fisik tetapi non fisik yang manfaatnya bisa dirasakan lintas-generasi.

Pengenalan menu sehat untuk penderita hipertensi dan diabetes melitus.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kuta Utara, dr. I Putu Milantika, M.P.H., berharap kegiatan ini memberikan dampak positif kepada lansia dan penderita penyakit tidak menular, minimal bisa melakukan cek kesehatan dasar secara mandiri. Sebab, di tengah pesatnya perkembangan pariwisata dan dunia industri, menyebankan anak cucu sibuk. Di sinilah lansia dituntut untuk lebih mandiri.

 

Next Post

Peluncuran Buku Cerita Petualangan Meru di Tanah Papua, Elex Media, Gramedia, dan Donasi Buku di Gramedia Mal Bali Galeria

Sen Jul 8 , 2024
(Last Updated On: ) Elex Media bersama Enda Kaban, dan Gramedia Store Bali Galleria Senin, (8/7) bertempat di Gramedia Mall Bali Galeria, mengadakan peluncuran buku Petualangan Meru di Tanah Papua DENPASAR – fajarbali.com | Elex Media bersama Enda Kaban, dan Gramedia Store Bali Galleria Senin, (8/7) bertempat di Gramedia Mall […]
Gramedia(1)

Berita Lainnya