Kali Keempat Grissa Sabet Juara Terbaik Pidarta Bahasa Bali

Juara Terbaik

 Save as PDF
(Last Updated On: 25/09/2022)

SMP PGRI 1 Denpasar Raih Juara Terbaik Pidarta Bahasa Bali pada Ajang Porsenijar PGRI Kota Denpasar, Sabtu (24/9).

 

DENPASAR – fajarbali.com | SMP PGRI 1 Denpasar (Grissa) kembali meraih juara terbaik dalam lomba pidarta bahasa Bali pada perhelatan Pekan Olahraga Seni antar Pelajar (Porsenijar) PGRI  kota Denpasar, Sabtu (24/9/2022). Raihan ini merupakan kali keempat ditorehkan oleh satuan pendidikan yang dipimpin Dr. I Nengah Sukama, S.Pd, MM.

Sebelumnya sekolah yang beralamatkan di Jl. Gunung Rinjani Monang-Maning itu tiga kali secara beruntun memperoleh juara terbaik dicabang pidarta bahasa Bali itupun sempat terhenti akibat pandemi Covid 19.

Namun, dibukanya kembali Porsenijar PGRI ke-8 Grissa berhasil meraih juara terbaik ditahun ini sehingga empat kali secara beruntun pencapaian tim Bastra  (Bahasa dan Sastra) Grissa berhasil mendulangkan prestasi dibawah kordinator Ni Luh Putu Utami Guniari, S.Ag dan I Gede Sweta Getas, S.Pd.

I Made Yoga Subawayasa menerima tropi dan penghargaan.

Kodinator Bastra Grissa Ni Luh Putu Utami Guniari, S Ag mengatakan bahwa capaian ini bukan semata membalikkan telapak tangan. Namun, eksistensi dibidang bahasa, sastra dan aksara terus digeliatkan untuk menumbuhkan generasi yang tangguh dan  profesional dibidangnya.

Lanjut Utami yang juga menjabat staf Humas, ini adalah capaian yang luar biasa dan membanggakan “Saya sangat bersyukur dan bangga atas capaian anak didik kami. Ini bukan akhir dari perjuangan namun, ini adalah suatu awal pembentukan proses yang harus ditumbuh kembangkan secara berkelanjutan,” kata Utami asal Karangasem tersebut.

Lebih jauh utami mengatakan kali ini I Made Yoga Subawayasa berhasil membawakan pidarta secara apik dan tertata dengan judul “Ngupapira Seni Budaya Bali”.  Kepiwaian anak didiknya sontak membius para peserta dan dewan juri.

“Sangat menajubkan dan sangat luar biasa. Penampilannya apik dan tertata, tehnik, power dan ekspresinya menghanyutkan ,” bebernya dengan wajah sumringah.

Dilain pihak, pembina pidarta I Gede Sweta Getas,S.Pd mengungkapkan rasa bangga berpadu riang anak didiknya kembali menyabet juara I seni pidarta bahasa Bali yang dulunya diraih oleh I Nengah Arika Kamahayana tiga kali secara beruntun dalam perhelatan yang sama. Sekarang binaan barunya  kembali meneruskan jejak prestasi terdahulu meskipun dengan keterbatasan waktu.

Baginya, ini adalah sebuah bonus bagi orang yang  disiplin dan giat belajar. ” Nora Hana mitra angluwih hakena waraguna maluhur” tak ada  sahabat yang melebihin pengetahuan. Pengetahuan adalah sahabat yang paling utama.

“Sekali lagi kami sangat bersyukur dan “matur suksma” atas dukungan lahir batin semua pihak yang turut memberikan suport atas capaian ini. semoga menjadikan suatu kebanggaan baik keluarga, sekolah, dan masyarakat,” kata Getas penekun seni asal Desa Antiga tersebut.

Dirinya mengajak para generasi untuk selalu memuliakan warisan leluhur dibidang bahasa, aksara dan sastra Bali sehingga kedepannya peninggalan yang adiluhung ini tetap bersinar sepanjang hayat kekal abadi ditengah gerusan perkembangan jaman.

“Mari kita bersama menjaga serta melestarikan warisan para leluhur dengan terus mengasah diri,” pungkasnya mengakhiri (rl)

 Save as PDF

Next Post

Rayakan HUT Ke-31, Rotary Club Of Bali Taman Lepas Tukik Di Pantai Saba

Ming Sep 25 , 2022
Dibaca: 67 (Last Updated On: 25/09/2022)Para member RC of Bali Taman berfoto bersama usai melepas tukik. GIANYAR-fajarbali.com | Rotary Club of Bali Taman District 3420 merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 dengan melepas tukik sebanyak 115 ekor bertempat di Saba Asri Bali Sea Turtles Conservation, Pantai Saba, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten […]
Pelepasan tukik serangkaian perayaan HUT ke-31 Rotary Club Of Bali Taman-df8a28ae

Berita Lainnya