Gajian Perbekel di Gianyar Terus Terlambat, Biaya Operasional Perbekel di Desa Cukup Tinggi

GIANYAR-fajarbali.com | Sejumlah perbekel di Kabupaten Gianyar saat ini mulai katar-ketir. Pasalnya gaji yang mereka mestinya dapatkan, penbcairannya selalu mundur. Disebutkan biaya operasional perbekel cukup tinggi, khususnya saat menghadiri undangan baik manusa yadnya dan pitra yadnya. 



Salah satu perbekel menjelaskan, untuk gaji selama tiga bulan, baru dibayarkan sekali saja. Dirinya merasa ketar-ketir, mengingat biaya operasional diluar tugas resmi menjalankan pemerinyahan sangat tinggi.

“Biaya operasional tinggi. Saya sebagai perbekel selalu mendapat undangan manusia atau pitra yadnya. Kalau memenuhi undangan kan tidak dengan tangan kosong,” jelas perbekel ini, Senin (14/6/2021). Dengan kondisi seperti ini, dirinya bersama perbekel lain dipaksa untuk mengetatkan ikat pinggang, “Ya, mau gak mau harus irit. Ini semua juga mengalami,” tambahnya. 

Baca Juga :
Gasak Handphone Milik Guru, Driver Ojol Diringkus
Barang Sitaan Dimusnahkan Bea Cukai dengan Cara Dibakar dan Dipotong

Selain perbekel, perangkat desa kondisinya sama. Mengingat gajian perbekel berbarengan dengan perangkat desa. Dikatakannya, kegiatan di desa tetap berjalan dan memberi pelayanan kepada warga desa. “Pelayanan tetap berjalan seperti biasa, jam kerja juga normal seperti biasa,” jelasnya.

Perbekel lainnya juga memaklumi kondisi keuangan daerah. Mengingat transfer ADD saat ini mengalami keterlambatan, sehingga gaji untuk perbekel dan aparat desa mengalami keterlambatan. “Dana ADD yang masuk baru sampai Juli, namun tidak tahu kedepan apa bisa dicairkan,” jelasnya. 

Kadis PMD Gianyar, Ngakan Ngurah Adi ketika dikonfirmasi menyebutkan PMD hanya memfasilitasi terkait gajian perbekel. Sedangkan dana tersebut ditransfer oleh BPKAD sesuai kemampuan keuangan daerah melalui ADD. “Terakhir yang ditransfer ke rekening desa awal Juni lalu, tapi itu untuk pembayaran gaji bulan sebelumnya,” jelas Ngakan Ngurah Adi. (sar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Fakta dan Mitos tentang Teknologi 5G

Sel Jun 15 , 2021
JAKARTA-fajarbali.com | Kehadiran generasi kelima (5G) sangat ditunggu oleh konsumen, terutama pengguna smartphone di Indonesia. Teknologi baru ini membawa kecepatan super cepat yang membuat orang tertarik untuk bisa menikmati layanannya melalui para penyedia jasa koneksi 5G. Namun demikian, banyak yang belum paham mengenai teknologi baru ini. Bahkan muncul beberapa informasi atau […]