BIRU: Kolaborasi Multi-Pihak Untuk Mendukung Misi Pembangunan Ekonomi Biru dan Hijau Indonesia

(Last Updated On: )
Launching Blue Intelligence Resource Unit (BIRU) bertempat di United In Diversity Bali Campus, Kuta-Kura Bali, Denpasar.

 

DENPASAR-fajarbali.com | Konservasi Indonesia (KI) bersama Conservation International (CI), Kura Kura Bali dan MAPCLUB resmi meluncurkan pembangunan Blue Intelligence Resource Unit (BIRU) yang akan menjadi hub untuk mendukung upaya konservasi di Indonesia dan kawasan Asia Pasifik bertempat di United In Diversity Bali Campus, Kuta-Kura Bali, Denpasar, Minggu (19/05).

Pembentukan BIRU ditargetkan dapat melahirkan sekaligus mempromosikan program konservasi dan mendukung program Pemerintah Indonesia di bidang Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) serta mendukung pelaksanaan inisiatif-inisiatif konservasi keanekaragaman hayati.

Senior Vice President and Executive Chair Konservasi Indonesia, Meizani Irmadhiany saat launching BIRU mengatakan, BIRU kelak menjadi pusat promosi program konservasi yang sedang berjalan, ataupun yang akan datang, yang dapat mendukung pelestarian ekosistem Indonesia secara khusus, dan Asia Pasifik secara lebih luas.

“Program konservasi yang diusung oleh pemerintah dan juga didukung langsung oleh Konservasi Indonesia seperti Blue Halo S, atau konservasi terumbu karang dan keanekaragaman hayati yang selama ini menjadi program utama KI, tentunya mendukung rencana pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” jelasnya dihadapan awak media.

“Dengan adanya BIRU, kami berharap dapat semakin memperluas kolaborasi dengan berbagai pihak seperti sektor swasta, LSM, akademisi, hingga komunitas, yang nantinya mampu memberi kontribusi lebih besar lagi pada target pemerintah di sektor ekonomi biru dan hijau,” sambung Meizani.

Lebih lanjut, Meizani menuturkan, BIRU yang lahir dari kerja sama antara KI, Kura Kura Bali dan MAPCLUB menjadi wujud awal dari kolaborasi multi-pihak yang dapat menghubungkan konsumen dengan upaya konservasi melalui pendanaan yang inovatif.

“Dari kemitraan di dalam BIRU, kami ingin meningkatkan perekonomian yang positif terhadap alam dan upaya konservasi lewat pertukaran pengetahuan, peningkatan kapasitas dan pembelajaran. Kami mengundang sektor swasta lainnya untuk bergabung dalam misi kami ini,” ucapnya.

Kiri-Kanan : Michel Hamilton (President Director of Gtech, MAPCLUB), Meizani Irmadhiany (Senior Vice President and Executive Chair Konservasi Indonesia), Tuti Hadiputranto (Presiden Director Kura-Kura Bali), dan Richard Jeo (Senior Vice President Asia Pacific Field Division Conservation International) saat konferensi pers launching Blue Intelligence Resource Unit (BIRU).

 

Senior Vice President Asia Pacific Field Division Conservation International, Richard Jeo pada kesempatan yang sama mengatakan, Cl mengagumi upaya dan komitmen pemerintah Indonesia dalam memajukan ekonomi biru dan hijau. Dia pun berharap BIRU dapat menjadi hub yang akan mendukung program konservasi Kl di Indonesia dan Cl di Asia Pasifik. Terlebih, menurut Richard, kerja kedua lembaga dijalani dengan menggunakan sains sebagai dasar penelitian.

“Pekerjaan kami di bidang sains sangat penting dalam mendorong inisiatif ini, menyediakan data dan wawasan dari lapangan untuk memandu strategi konservasi yang efektif. Selain itu, tujuan BIRU adalah memfasilitasi pembelajaran di luar negeri, membawa pembelajaran Indonesia ke luar negeri, dan mengimpor wawasan berharga dari negara lain di Asia Pasifik. Misalnya, kami dapat berbagi pengalaman dari inisiatif inovatif seperti Blue Halo S di Indonesia dan Fiji serta proyek karbon biru dari Blue Carbon Institute yang berbasis di Singapura,” ungkap Richard.

Di tempat yang sama, Presiden Director Kura Kura Bali, Tuti Hadiputranto mengungkapkan sangat menyambut baik inisiasi KI, CI, Kura Kura Bali dan MAPCLUB untuk duduk bersama dan merencanakan strategi dalam mendukung rencana pembangunan pemerintah. “Kura Kura Bali merupakan lingkungan yang ideal untuk kolaborasi ini. Harapan kami, BIRU dapat membawa manfaat bagi program-program konservasi dan menjadi inspirasi di seluruh Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Southeast Asia CEO & President Director of Gtech, MAPCLUB, Michel Hamilton, mengekspresikan dukungan MAPCLUB untuk upaya konservasi dan pelestarian lingkungan. Dia menyebut, akan mulai mengenalkan program ini kepada penggemar produk MAP dengan mengembangkan platform digital MAPCLUB melalui fitur digital content collaboration, in-shop experience serta gamification agar dapat memudahkan para anggota MAPCLUB berkontribusi secara aktif terhadap upaya konservasi & kelestarian lingkungan melalui platform digital retail. (M-001)

Next Post

Astra Motor Bali Ajak Puluhan Pengguna Honda Stylo160 Touring #Cari_Aman Diakhir Pekan

Ming Mei 19 , 2024
(Last Updated On: ) Para peserta pengguna Honda Stylo 160 antusias mengikuti touring yang digelar oleh Astra Motor Bali. (Foto: ist)   DENPASAR-fajarbali.com | Puluhan pengguna Honda Stylo160 seru-seruan mengisi akhir pekan untuk merasakan performance skutik premium fashionable produksi AHM. Dengan konsep city touring fun and happy, sekitar 40 pengguna […]
1716126654952_copy_701x533

Berita Lainnya