Tuli Mendadak, Jangan Disepelekan

(Last Updated On: 07/12/2023)

Oleh : Dayinta Grahitanindya

DENPASAR – fajarbali.com | Apakah anda pernah mendengar atau malah mungkin merasakan tuli mendadak? Jika belum, ini saatnya anda membaca mengenai hal tersebut melalui artikel ini agar tidak menyesal di kemudian hari. Tuli mendadak atau “sudden deafness” merupakan penurunan pendengaran berat yang terjadi secara langsung atau bertahap dalam waktu kurang dari 72 jam dan biasanya terjadi pada salah satu sisi telinga. Kondisi ini merupakan kegawatdaruratan yang apabila tidak ditatalaksana dalam jangka waktu tertentu dapat menyebabkan kondisi tuli permanen.

Seseorang yang mengalami tuli mendadak biasanya baru menyadari kondisi tersebut saat pertama kali bangun di pagi hari atau saat menggunakan sisi telinga yang terkena untuk menelpon. Meski terjadi secara mendadak, kondisi ini kadang diawali oleh terdengarnya bunyi ‘peringatan’ keras, seperti dengung, yang diikuti oleh ketulian mendadak. Tidak jarang juga seseorang dengan tuli mendadak merasakan keluhan lain, seperti pusing (terutama pusing berputar), rasa penuh pada telinga, atau mendengar suara berdengung.

Lalu, kondisi apakah yang dapat mencetuskan kondisi tidak menyenangkan tersebut? Banyak penelitian yang mengemukakan berbagai penyebab tuli mendadak. Penyebab tersebut di antaranya adalah infeksi, autoimun, kondisi terkait aliran darah, tumor, atau trauma yang dikaitkan dengan kerusakan saraf pendengaran sehingga menghasilkan kondisi tuli sensorineural (tuli akibat gangguan saraf pendengaran). Namun, berdasarkan sebuah penelitian meta-analisis, penyebab tuli mendadak pada sebagian besar penderita belum diketahui secara pasti sehingga dimasukkan ke dalam kelompok “idiopatik” (sebab tidak jelas atau tidak diketahui).

Tuli mendadak dapat mengalami kesembuhan total atau sebagian secara spontan pada sebagian kasus, tetapi dapat juga menetap menjadi tuli permanen pada sebagian sisanya. Untuk itu, seseorang yang mengalami tuli mendadak harus segera memeriksakan diri ke dokter. Oleh dokter, keluhan tuli mendadak akan dikaji secara lebih cermat dan akan dilakukan pemeriksaan pendengaran untuk melihat jenis penurunan pendengaran (konduktif sebagai akibat dari sumbatan pada telinga luar dan tengah atau sensorineural akibat kerusakan telinga dalam hingga pusat pendengaran di batang otak) dan seberapa berat kondisi ketulian yang dialami. Selain itu, tatalaksana dengan pemberian obat kortikosteroid melalui mulut, darah, atau bahkan gendang telinga, diketahui dapat memperbaiki kondisi pendengaran dan menurunkan risiko kejadian tuli permanen.

Meski demikian, tuli mendadak masih sering disepelekan oleh penderitanya. Atau, sering dianggap sebagai kondisi wajar yang terjadi akibat batuk pilek atau sumbatan kotoran telinga sehingga penderita tidak segera memeriksakan dirinya ke dokter hingga waktu yang lama. Padahal, terdapat periode jendela atau “window period” penanganan tuli mendadak hingga 2 minggu sejak gejala pertama kali muncul. Setelah periode tersebut, kemungkinan perbaikan pendengaran semakin menurun atau bahkan hilang sama sekali.

Lantas, apa yang perlu dilakukan jika anda atau seseorang di sekitar anda mengalami kondisi tuli mendadak tetapi belum memeriksakan diri ke dokter lebih dari 2 minggu sejak gejala awal? Jangan menyerah, anda atau kerabat tetap dapat datang ke dokter spesialis Telinga Hidung Tenggorokan Bedah Kepala Leher (THT-KL) untuk memeriksakan diri. Meski telah melewati periode jendela, terapi penyelamatan dengan pemberian oksigen hiperbarik masih mungkin dilakukan sesuai indikasi.  

 

Berbekal pengetahuan mengenai tuli mendadak, anda diharapkan dapat mengetahui apa yang perlu dilakukan jika kondisi ini menimpa anda atau kerabat terdekat. Ingat,  pendengaran dapat membaik apabila penanganan dilakukan secara cepat dan tepat. Jangan sepelekan tuli mendadak agar tidak terjadi penyesalan di masa yang akan datang!

 

 

 

 Save as PDF

Next Post

Sharp Boyong AQUOS R8s Pro - Masuk Pasar Smartphone Indonesia

Kam Des 7 , 2023
Dibaca: 320 (Last Updated On: 07/12/2023) Line up smartphone terbaru Sharp AQUOS R8s series JAKARTA – fajarbali.com | Tren membuat konten poto maupun video di kalangan anak muda, melatarbelakangi banyak produsen smartphone meluncurkan ponsel cerdas yang dibenamkan fitur kamera canggih. Tidak terkecuali Sharp, produsen elektronik asal Jepang ini pun meluncurkan […]
062 - Foto 2 - Line up smartphone terbaru Sharp R8s series

Berita Lainnya