Sunarta Harapkan Dana Kelurahan Terwujud di APBD Perubahan 2020

(Last Updated On: )

MANGUPURA – fajarbali.com | Dana bagi kelurahan di Badung terus didorong pihak Dewan Badung. Dewan menginginkan, kelurahan bisa mendapatkan hak yang sama dibidang anggaran dengan pemerintahan desa melalui peraturan daerah. Wakil Ketua II DPRD Badung, I Made Sunarta berharap aturan tersebut dapat direalisasikan pada APBD Perubahan tahun 2020 tahun, atau paling lambat APBD 2021.

 

Sesuai dengan Permendagri 130 tahun 2018 tentang kegiatan pembangunan sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan  masyarakat di kelurahan dalam pasal 10 ayat 2 kata Sunarta, sudah jelas menerangkan anggaran untuk daerah  kota yang tidak memiliki  desa sebagaimana dimaksudkan pada ayat (1) huruf a dialokasikan paling sedikit  5 persen  dari APBD setelah dikurangi  dana alokasi khusus, ditambah Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan yang ditetapkan  sesuai dengan ketentuan  peraturan perundang-undangan.

 

Pada ayat 3 lanjut Politisi Partai Demokrat itu, menyebutkan anggaran untuk daerah kabupaten yang memiliki kelurahan dan kota  yang memiliki desa sebagaimana dimaksud pada ayat  (1) huruf b dialokasikan paling sedikit sebesar dana desa terendah  yang diterima oleh desa di kabupaten/kota, ditambah DAU Tambahan yang ditetapkan  sesuai dengan  ketentuan  peraturan perundang-undangan.

 

“Hal ini sangat jelas aturannya kelurahan mendapatkan dana dari APBD sehingga Kabupaten Badung bisa melakukan penganggaran untuk kelurahan,” katanya, Minggu (9/2/2020) .

Koordinator anggaran DPRD Badung asal Abianbase ini juga mengatakan, 16 kelurahan yang ada di Badung dari segi anggaran sangat timpang dengan desa. Jika dibuatkan aturan daerah, maka kelurahan memiliki payung hukum untuk mengelola anggaran seperti di pemerintahan desa.

“Namun untuk pembagian dana kelurahan ini tidak mesti sama di 16 kelurahan, tapi melihat sejumlah aspek juga sama seperti pemberian dana desa,” paparnya sembari menambahkan agar pemerintah membuat perbup serta juklak dan juknis mengenai anggaran kelurahan.

Jika sudah ada kucuran dana kelurahan ini ujar Sunarta, program-program kelurahan akan maksimal. “Kerusakan infrastruktur yang ada di kelurahan seperti jalan lingkungan maupun lainnya bisa segera ditangani dari dana tersebut,” ungkapnya.(put).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hari Pers, Astra Motor Bali Apresiasi Awak Media Voucher Service

Ming Feb 9 , 2020
(Last Updated On: )DENPASAR – fajarbali.com I  Kebanyakan awak media selalu melakukan tugasnya diluar kantor dengan menggunakan kendaraan dan terkadang jarang melakukan perawatan. Sebagai bentuk apresiasi dan sekaligus turut berpartisipasi di Hari Pers Nasional 2020, Astra Motor Bali kembali memberikan kejutan kepada insan media wilayah Bali. Kejutan yang sangat istimewa […]

Berita Lainnya