SMPN 3 Payangan Bakal Dilengkapi IPAL, Satu-Satunya Sekolah di Gianyar akan Miliki Fasilitas IPAL

13 Views

GIANYAR-fajarbali.com | Guna mewujudkan SMPN 3 Payangan sebagai sekolah unggulan, maka salah satu fasilitas yang wajib tersedia adalah sarana instalasi pengolahan air limbah.


Adanya IPAL ini akan turut membentuk lingkungan sekolah yang asri dan tidak ada limbah yang terbuang ke saluran got. Dengan adanya IPAL ini juga, tingkat polusi di sekolah menjadi rendah mengingat limbah sekolah sudah terkelola. 

Untuk mendapatkan bantuan IPAL, anggota DPRD Gianyar, Nyoman Kandel memfasilitasi permohonan IPAL ke Kementerian Lingkungan Hidup. Nyoman Kandel, Kamis (17/6/2021) kemarin menyebutkan dengan bantuan IPAL tersebut, akan bisa meweujudkan sekolah unggul, baik lingkungan dan SDM yang ada di sekolah. Ditambahkannya, untuk di Gianyar, satu-satunya sekolah yang memiliki fasilitas IPAL adalah SMPN 3 Payangan.

Baca Juga :
Gianyar Diverifikasi Kementerian PPPA, Penilaian Naik Kelas ke Predikat Utama KLA
Kondisi Sudah Membaik, Suami yang Bunuh Istrinya Besok Diperiksa Polisi

Diungkapkan, kesehatan lingkungan menjadi keharusan bagi setiap sekolah. Karena lingkungan yang bersih dan bebas polusi, akan mempengaruhi kesehatan siswa dan siapa saja yang ada di sekolah.  “Saya ingin SMPN 3 Payangan unggul yang dimulai dengan pengelolaan lingkungan yang baik,” ujarnya.

Dirjen Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Sigit Waluyo saat melalukan survey di sekolah tersebut mengatakan survey dilakukan atas permohonan yang disampaikan beberapa bulan lalu.

“Survey dilakukan untuk mengetahui situasi lapangan, menyusun desain, RAB dan anggaran. Kalau anggaran tidak membatasi akan dilaksanakan dengan pengadaan langsung. Jika melebihi batas akan dilakukan lelang terbuka,” jelas Sigit Waluyo. Diungkapkan, kalau tidak ada hambatan bantuan akan realisasi 2021. Desember sudah dilakukan serah terima. “Kalau lancar kami targetkan Desember 2021 sudah serah terima,” katanya.

Untuk Bali tahun 2021 ini ada tiga sekolah yang dilakukan survey lapangan. Yaitu, SMPN 3 Payangan, Gianyar, SMPN 3 Marga Tabanan, dan SDN 2 Angantaka, Badung.

Ketua Komite SMPN 3 Payangan, Ketur Ariawan mengucapkan terimakasih atas perhatian Kementerian Lingkungan Hidup, apalagi sekolahnya mendapat bantuan IPAL. Walau demikain banyak hal masih kekurangan di SMPN 3 Payangan, Airawan berharap Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan komunikasi lintas kementerian, sehingga bisa mendorong pemenuhan kebutuhan sekolah. (sar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hujan Semalam, Senderan Longsor dan Luapan Air di Beberapa Titik, TRC BPBD Gianyar Terus Siaga 24 Ja

Ming Jun 20 , 2021
13 ViewsGIANYAR-fajarbali.com | Setelah sempat panas sekitar sebulan, hujan deras kembali melanda Gianyar. Hujan ini menyebabkan luapan air di jalan raya dan senderan rumah warga ambrol.