Semarakkan Hari Kemerdekaan RI Ke-77, Mercure Kuta Beach Bali Lepas 77 Tukik

MANGUPURA-fajarbali.com | Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, Mercure Kuta Beach Bali, Selasa (16/8) mengajak wisatawan maupun seluruh komponen hotel baik owner, manajement, serta staff untuk bergabung dalam kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) di Pantai Kuta, Kabupaten Badung. Kegiatan tersebut sebagai upaya untuk mendukung konservasi alam khususnya kelestarian ekosistem bahari/laut.
 
Hotel Manager Mercure Kuta Beach Bali, Pantri Arini saat ditemui mengatakan, Mercure Kuta Beach Bali memilih cara yang berbeda dalam merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu dengan aksi peduli lingkungan. Bekerja sama dengan Konservasi Penyu Desa Adat Kuta, dalam kesempatan itu, tukik yang dilepas ke pantai sebanyak 77 ekor sesuai dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.
 
“Pelepasan tukik juga sejalan dengan komitmen dari Program CSR (Corporate Social Response) Accor Group yaitu Plant For The Planet dan mendukung Pemerintah dalam menyukseskan gelaran KTT G20. Program Planet 21 juga sangat relevan dengan konsep hidup tangguh yang diusung oleh Pemerintah Provinsi Bali yaitu Tri Hita Karana dan Nangun Sat Kerthi Loka Bali,” ungkapnya dihadapan awak media.
 
Pantri menyebutkan, aksi peduli lingkungan serangkaian memperingati Hari Kemerdekaan RI lebih difokuskan pada kelestarian alam dan lingkungan sekitar seperti penanaman pohon di Kuta. Dimana kegiatan tersebut berkolaborasi dengan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam). “Kami menanam pohon di area Kuta melibatkan segenap jajaran manajement hotel bersama dengan LPM Kuta. Selain itu, kami lepas tukik, dimana keberadaan penyu sangat penting untuk menjaga ekosistem di laut. Menurut informasi dari tim konservasi penyu, persentase keberhasilan tukik bisa hidup sampai dewasa cukup rendah yakni 1 persen. Angka yang sangat kecil, oleh karena itu sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga kebersihan laut. Kita juga serukan kepada masyarakat untuk setop konsumsi penyu,” jelasnya.
 
Pantri yang saat itu didampingi Andrea Dea selaku Sales & Marketing Mercure Kuta Beach Bali, menuturkan bahwa kegiatan peduli lingkungan tidak hanya sebatas penanaman pohon dan pelepasan tukik. Ia menerangkan jika pihak Mercure Kuta Beach Bali juga rutin melakukan kegiatan beach cleaning di area Pantai Kuta sebagai wujud komitmen dalam menjaga kebersihan.
 
“Seperti yang kita tahu, penyu hanya akan bertelur di pantai yang bersih. Jangankan penyu, wisatawan saja akan mencari destinasi wisata khususnya pantai yang bersih. Dengan beach cleaning ini juga kita sosialisasikan kepada masyarakat maupun pengunjung pantai betapa bahayanya penggunaan plastik sekali pakai. Kami juga selalu kampanyekan No Single Use Plastic dan berkomitmen untuk berhenti menggunakan plastik sekali pakai di seluruh hotel-hotel dibawah naungan Accor,” ucapnya.
 
Diakhir wawancara, Pantri menambahkan jika pihaknya juga tengah menggaungkan aksi lingkungan sosial kemasyarakatan, dimana hal tersebut difokuskan untuk menghidupkan UMKM lokal seperti mengadakan bazaar di area hotel. “Jadi tamu dan wisatawan dapat membeli produk-produk yang dijual masyarakat lokal. Selain itu, kami juga lebih memilih membeli produk sayur dan telur dari UMKM yang dibentuk oleh pemerintah Kabupaten Badung. Kami yakin dan percaya tagline “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” akan dapat terwujud oleh Mercure Kuta Beach Bali,” pungkasnya. M-001

Next Post

IPHI Denpasar Gelar Jalan Sehat, Donor Darah dan Lomba Paduan Suara

Rab Agu 17 , 2022
Kegiatan jalan sehat IPHI Kota Denpasar, Minggu (14/8). DENPASAR – fajarbali.com | KEGIATAN jalan sehat memeriahkan Semarak IPHI 2022 yang dihelat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Denpasar, Minggu, 14 Agustus 2022, di Denpasar tampak sumringah. Jalan sehat dibanjiri ratusan warga Kota Denpasar. Kupon jalan sehat yang disiapkan panitia sebanyak […]
iphi 1-761e8266