Petani Gianyar Berharap Program Asuransi Pertanian Berlanjut

GIANYAR-fajarbali.com | Program asuransi usaha produksi pertanian di Tahun 2022, saat ini sejumlah petani di Gianyar menunggu program AUPT dibuka. Sampai bulan Maret ini progran tersebut belum terbuka link dan prosesnya dari Kementerian Pertanian. Hal ini dijelaskan Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura, Dinas Pertanian Gianyar, Wayan Suarta. Dikatakannya sejumlah petani masih berharap progran tersebut bisa berlanjut di Tahun 2022. 

Dijelaskan, di Tahun 2021 lalu, peserta AUPT pada lahan seluas 126 hektar lebih. Sedangkan untuk asuransi diikuti sebanyak 700 petani di tujuh subak yang ada di Gianyar. Dari tujuh subak tersebut, lima subak ada di Kecamatan Tegalalang, satu subak di Lodtunduh Kecamatan Ubud dan Subak Temesi di Kecamatan Gianyar. 

 

Dikatakannya, luas yang mengalami kerusakan sampai gagal panen seluas 19 hektar dan seluruh petani yang mengalami kerusakan itu, sudah mendapat klaim. “Klaim total yang dicairkan lebih dari Rp 155,8 juta. Kerusakan lahan pertanian diserang hama tikus dan tungro. Kerusakan terparah dialami Subak Umadalem, Desa Tegalalang, seluas 7 hektar. 

 

Program AUTP ini, setiap peserta membayar Rp 36ribu untuk perhektar lahan pertanian dan disubsidi pemerintah sebesar Rp 144ribu. “Pendaftaran dilakukan 30 hari sebelum masa tanam padi,” ujarnya. 

 

Pada masa tanam sebelumnya, pada subak di Kecamatan Tegallalang pernah terjadi gagal seluas 46,47 hektar. Di Gianyar 1 hektar dan Tampaksiring 3,14 hektar. “Semua peserta AUTP sudah menikmati klaim, dimana perhektar mendapat klaim Rp 6 juta,” jelasnya lagi. Dimana jumlah klaim tergantung tingkat kerusakan tanaman, dari 50% sampai 100% mendapat klaim asuransi. Untuk luas lahan pertanian di Gianyar seluas 13.474 hektar dengan junlah petani sekitar 28.000 orang.sar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Pesan Ganja dari Medan, Pria Bertato Asal Mengwi Dibekuk

Sel Mar 8 , 2022
  MENGWI -fajarbali.com |Tim Opsnal Reskrim Polsek Mengwi membekuk pemakai narkoba bernama Agus Mahendra alias Simbe, pada Senin 28 Februari 2022. Pria bertato berusia 29 tahun itu diringkus di rumahnya di Banjar Denkayu Delodan Desa Werdi Bhuwana Mengwi, usai menerima pengiriman paket ganja seberat 229 gram dari Medan, Sumatera Utara.
BPD BALI