Pentingnya Safety Riding, Astra Motor Bali Sosialisasikan #Cari_Aman di SMK Negeri 1 Klungkung

“Astra Motor Bali sosialisasikan safety riding di SMK Negeri 1 Klungkung sebagai upaya meningkatkan pemahaman #Cari_Aman sejak usia dini sekaligus meningkatkan keselamatan berkendara yang dimulai dari kebiasaan diri sendiri”

(Last Updated On: )

Tim safety riding Astra Motor Bali edukasi siswa SMK Negeri 1 Klungkung. (Foto: ist)

 

SEMARAPURA-fajarbali.com | Fungsi rem biasanya digunakan untuk memperlambat kecepatan dan tidak disarankan untuk melakukan pengereman secara mendadak. Namun sering kali pengendara menempelkan jari di tuas rem atau dibiarkan standby di tuas rem. Materi ini merupakan pemaparan dari team safety riding Astra Motor Bali yang melakukan kunjungan ke SMK Negeri 1 Klungkung, Selasa (16/1/2024).

Dengan metode peragaan menggunakan sepeda motor, Safety Riding Instructor Yosepth Klaudius mengingatkan kembali materi memprediksi bahaya, efek kebiasan jari standby di rem, dan blindspot. Sebanyak 70 Siswa yang bergabung dalam edukasi ini dari kelas 10 dan 11 mengikuti serangkaian pemaparan yang disampaikan.

“Dengan jari kita yang selalu standby di rem, secara tidak sadar mengakibatkan rem akan secara terus menerus bekerja dan kita tidak sadar lampu rem dibelakang akan menyala dan pengendara di belakang kita akan mendapatkan informasi yang keliru karena lampu rem menyala,” jelas Yosepth.

“Selain itu akibat jari yang selalu standby di tuas rem akan membuat rem terus bekerja dan minyak rem menjadi panas sehingga rem berpotensi menjadi blong. Untuk ini, cara yang benar dalam mengoperasikan rem saat berkendara adalah tangan menggenggam penuh di stang kemudi dan ketika ingin mengerem, tutup gas terlebih dahulu lalu meremas tuas rem menggunakan 4 jari. Rem bagian depan sedikit lebih kuat di bandingkan dengan rem belakang karena rem depan lebih efektif untuk menghentikan laju kendaraan. Di ingatkan untuk selalu #Cari_Aman di jalan raya serta menularkan hal positif ke lingkungan sekitar,” sambung Yosepth.

Sementara itu, Ngurah Iswahyudi selaku PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali menyebutkan kegiatan edukasi safety riding ke sekolah sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan Astra Motor Bali. “Siswa sekolah dari TK–SMA adalah target yg diberikan edukasi safety riding, sehingga harapannya sejak usia dini sudah diberikan pemahaman akan pentingnya keselamatan berkendara yang dimulai dari kebiasaan diri sendiri,” pungkasnya. (rl/M-001)

Next Post

Mantan Karyawan Bank BUMN Tipu Nasabah, Kerugian Rp 206 Juta

Kam Jan 18 , 2024
Buat Judi Online
IMG_20240118_190749

Berita Lainnya