Ny. Adnyani Mahayastra Ajak PKK Beli Panen Petani

GIANYAR – fajarbali.com | Mengkonsumsi makanan dengan bahan organik memang banyak diminati sebagian kalangan masyarakat, selain sehat bahan makanan tersebut tidak mengandung pestisida. Bahan makanan organik, memang harganya lebih mahal dari bahan makanan lainnya.

Sejumlah petani di Kabupaten Gianyar mulai memasarkan bahan makanan organik dengan harga terjangkau, seperti sayuran, buah, umbi-umbian dan berbagai hasil bumi lainnya. Namun, saat pandemi covid 19, petani kelimpungan karena tidak bisa memasarkan produk mereka. Untuk membantu petani memasarkan produk, organisasi dengan nama Daridesaku berusaha membantu petani memasarkan dengan cara daring atau online.

Untuk membantu petani, TP.PKK Gianyar membantu memperkenalkan dengan cara membeli terlebih dahulu sebanyak 30 paket yang terdiri dari beras sehat dalam kemasan 5 kg dan paket sayuran. “Selain untuk membantu petani, saya juga ingin mengajak masyarakat untuk mulai hidup sehat, dengan memulai menyediakan bahan makanan sehat bagi keluarga. Apalagi kita sudah memasuki fase new normal, dimana kesehatan tubuh harus betul-betul kita perhatikan,” jelas Ny. Surya Adnyani Mahayastra di Pendopo Sekretariat TP PKK Kab Gianyar, Kamis (16/7/2020) .

Dijelaskan, saat ini pihaknya baru menyasar ibu-ibu anggota PKK dulu, untuk selanjutnya akan mulai diperkenalkan di masyarakat bahwa kini banyak petani kita sudah mulai menanam dengan sistem organik. Ny. Surya Adnyani Mahayastra juga menambahkan, apa yang dilakukan para petani dengan menanam secara organik, intinya sama dengan program Hatinya PKK yaitu memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam berbagai jenis sayuran. Kita menanam sayuran di rumah tentu tidak menggunakan pupuk kimia, namun memanfaatkan pupuk organik seperti kotoran hewan, daun-daunan dan lain-lainnya. “Saya harap dengan dimulai dari anggota PKK, dapat diikuti oleh masyarakat lainnya untuk mulai mengkonsumsi makanan yang sehat yang tidak mengandung pestisida. Dan tentu saja hal ini dapat berimbas pada petani memperkenalkan berbagai hasil pertanian mereka,” jelas Ny. Surya Adnyani Mahayastra lagi.

Ketua Organisasi Daridesaku, IB. Mandhara Brasika, menjelaskan organisasi ini dimulai saat masa pandemi covid 19. Banyak hasil petani yang dibuang karena tidak bisa memasarkan. Terbersit keinginan dari Gus Nara begitu biasa dipanggil bersama rekan-rekannya, untuk membantu para petani. Bagaimana menjembatani antara petani dengan konsumen di masa pandemi. Akhirnya terbentuklah Daridesaku. Produk yang ditawarkan tidak sebatas sayuran saja, ada bumbu dapur, buah- buahan, daging ayam, umbi-umbian , minyak tanusan dan berbagai jenis ikan dengan sistem daring. “Daridesaku ini berusaha menjembatani petani dengan konsumen untuk menjual produk sayuran dan bahan makanan lainnya yang sehat, berkualitas tapi dengan harga terjangkau. Istilahnya sama-sama diuntungkan baik petani maupun konsumen. Karena masa pandemi, penjualannya melalui system daring,” jelas Gus Nara.

Untuk beras sehat, saat  ini masih merupakan pilot project di Subak Gede Masceti, yang terdiri dari 20 subak. Saat ini baru panen 1 Ha yang berasal dari Subak Celuk. Tidak lupa pula Gus Nara mengucapkan banyak terimakasih pada Ketua TP.PKK Kab. Gianyar Ny. Surya Adnyani Mahayastra, karena telah mendukung para petani dengan membantu memperkenalkan beras sehat dan sayuran organik ini pada masyarakat melalui anggota PKK.(gds).

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Pergerakan Ekonomi Saat New Normal Belum Masif

Kam Jul 16 , 2020
DENPASAR – fajarbali.com | Dimulainya tatanan kehidupan baru atau new normal diyakini akan membawa perubahan budaya dan pola perilaku masyarakat yang semakin baik ke depannya. Namun dari sisi perekonomian, belum bisa dipastikan terdongkrak naik.  Save as PDF

Berita Lainnya