Komit Bantu Sesama, Rotary Club Of Bali Taman Lakukan Survei Pembangunan Toilet

Denpasar-fajarbali.com | Sebagai organisasi pelayanan terbesar di dunia, Rotary hadir untuk membantu seluruh lapisan masyarakat yang perlu dibantu dan menjangkau yang tak terjangkau. Rotary Club of Bali Taman District 3420 adalah salah satu tim Rotary terbesar di Bali yang selalu berkomitmen dan bergerak dalam membantu sesama, baik dibidang kesehatan, lingkungan, pendidikan, maupun sosial.

Dalam upaya mendorong masyarakat memperoleh kesehatan dan hidup yang layak, Rotary Club of Bali Taman kembali melakukan survei untuk pembangunan jamban atau toilet kepada masyarakat yang kurang mampu di Desa Rendang, Kabupaten Karangasem. “Pada tanggal 23 November 2021 lalu kami sudah melakukan survei untuk pembangunan jamban keluarga kepada masyarakat yang kurang mampu di Desa Rendang, Karangasem. Sumbangan ini merupakan sponsor dari Rotary Club Of Shima Japan melalui kontak person Past President Makiko yang sudah sejak lama sering membantu dan bekerja sama dengan kami di Rotary Club of Bali Taman,” ungkap Past District Governor (PDG) Rotary Club of Bali Taman Nyoman Nilawati, Rabu (1/12/2021).

  Nilawati mengungkapkan, mengingat masi banyaknya masyarakat di Bali khususnya di Kabupaten Karangasem yang belum memiliki toilet yang layak, maka Rotary Club of Bali Taman berinisiatif untuk melakukan survei. Ia menuturkan telah berkoordinasi dengan Puskesmas dan Kepala Desa serta perangkat Desa setempat agar pembangunan toilet tepat sasaran.

  “Di Kabupaten Karangasem ada sekitar 30 ribu dan di Kabupaten Singaraja sekitar 20 ribu KK yang belum memiliki jamban/toilet yang layak sehingga mereka masih buang air besar sembarangan. Melihat kondisi di lapangan membuat kami terenyuh dan miris. Semoga project ini segera terealisasi dan pembangunannya dapat memberi manfaat bagi kehidupan masyarakat dan lingkungan yang lebih sehat,” pungkas Nilawati didampingi Past President Rotary Club of Bali Taman Made Sukasini.

  Sementara itu, President Rotary Club of Bali Taman, Megawati Rusligan menambahkan, sebelumnya Rotary Club of Bali Taman sudah pernah menyerahkan bantuan 30 toilet untuk masyarakat yang berada di Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Dimana kegiatan yang berlangsung di Kantor Perbekel Desa Nongan tersebut merupakan Project Distrik Grant #2122220. Ia menyebutkan, penyerahan bantuan toilet ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Desa Nongan.

  “Sebelumnya ada 30 toilet yang kita serahkan kepada masyarakat Desa Nongan. Kita harapkan apa yang telah kami berikan dapat dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Toilet-toilet yang sudah layak ini tentunya akan membantu meningkatkan kesehatan keluarga mereka. Berkat sumbangan 30 toilet dari Rotary Club Of Bali Taman untuk Desa Nongan ini, sehingga puji syukur pada 23 November 2021 lalu Desa Nongan mendeklarasikan sebagai Desa ODF (Open Defecation Free) atau tidak ada masyarakat yang buang air besar sembarangan. Semoga ke depan kami bisa terus berkarya sehingga lebih banyak lagi desa-desa lain yang bisa ODF,” tutupnya. (dha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Namanya Masuk dalam Gugatan, PT GOP Angkat Bicara

Rab Des 1 , 2021
Denpasar–fajarbali.com | Sidang gugatan terhadap tim likuiditas PT. BPR Legian yang diajukan oleh I Putu Budi Widnyana dan sudah bergulir di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar ditanggapi serius oleh PT. Gema Optima Persada (GOP) dan Benny Tjandra selaku pemenang lelang.