KM Bandar Nelayan 271 Ludes Terbakar, Puluhan ABK Meloncat dari Atas Kapal

Api Diduga Berasal dari Pengapian Pada Mesin

 Save as PDF
(Last Updated On: )

KAPAL TERBAKAR-Basarnas Bali mengevakuasi 31 ABK KM Bandar Nelayan 271 terbakar di Selatan Uluwatu. 

 

MANGUPURA -fajarbali.com |Peristiwa kecelakaan laut menimpa Kapal Motor (KM) Bandar Nelayan 271. Kapal bermuatan 31 anak buah kapal itu terbakar saat mencari ikan di tengah laut tepatnya di perairan Pecatu, barat daya Hotel Bulgari, Kuta Selatan, Badung, pada Rabu 21 Juni 2023 sekitar pukul 17.45 Wita. 
 
Beruntung dalam kejadian itu puluhan ABK selamat. Para ABK ini diselamatkan oleh nelayan dan sebagian sudah dievakuasi oleh Basarnas. 
 
Menurut Kepala Seksi Operasi dan Siaga Basarnas Bali I Wayan Suwena, KM Bandar Nelayan 271 lepas sandar dari Pelabuhan Benoa untuk mencari ikan, pada Rabu 21 Juni 2023 sekitar pukul 10.00 wita. Namun tiba-tiba kapal tersebut terbakar diduga berasal dari pengapian pada mesin. 
 
Melihat kondisi kapal terbakar, para ABK panik dan berusaha menyelamatkan diri masing-masing. 
“Kepulan asap terlihat dari kejauhan. 31 orang ABK berusaha selamatkan diri meloncat dari kapal,” ungkapnya, pada Kamis 22 Juni 2023. 
 
Sementara itu dari informasi Kantor Basarnas Bali, jumlah ABK yang selamat dari kejadian itu sebanyak 31 orang. Basarnas Bali mengerahkan 6 personil menuju Pelabuhan Benoa untuk menggerakkan Right Inflatable Boat (RIB) menuju lokasi kapal terbakar. 
 
“Dari proses perjalanan Tim SAR menuju lokasi kapal terbakar, diperoleh informasi perkembangan bahwa seluruh POB sudah dievakuasi KM Surya Bakti yang kebetulan melintas di area tersebut. Semua ABK selamat,” bebernya. 
 
Tim Basarnas Bali memastikan bahwa kapal yang terbakar benar-benar dalam keadaan kosong. Di waktu yang bersamaan petugas siaga terus melakukan koordinasi dengan agen KM Bandar Nelayan 271. “Kami memastikan memang betul seluruh POB terevakuasi, RIB kembali ke Pelabuhan Benoa,” katanya.
 
Dijelaskanya, selama operasi SAR berlangsung turut melibatkan Basarnas Bali, ABK KN SAR Arjuna, KM Surya Bakti dan KM Bandar Nelayan 2009. 
 
Diberitakan sebelumnya, Tim Basarnas memperoleh informasi ada kapal pencari ikan terbakar dan posisinya berada pada titik koordinat 8°56’24″S-115° 02’960″T. Tim dikerahka menuju lokasi kapal terbakar dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB). 
 
Kapal nelayan di sekitar yang mengetahui kejadian ini langsung mendekat memberikan pertolongan. 25 orang berhasil diselamatkan. Sayangnya, enam orang lagi masih terjebak namun berhasil diselamatkan. R-005 
 Save as PDF

Next Post

Badung Kawal Perkembangan Kasus Reklamasi Pantai Melasti Dukung Polda Bali Tegak Lurus

Jum Jun 23 , 2023
“Kami sangat mendukung dan mensuport Polda Bali agar tegak lurus, sehingga proses pra peradilan ini dapat berjalan tanpa adanya tekanan-tekanan / intervensi dari pihak lain dan betul-betul terlaksana dengan baik tanpa ada unsur-unsur yang menekan keputusan pra peradilan ini," ungkapnya
IMG-20230622-WA0044

Berita Lainnya