Hari Raya Kuningan, Hujan Deras Disertai Angin Kencang Pohon Bertumbangan 

23 Views

AMLAPURA-fajarbali.com | Tampaknya tidak kata libur hari raya bagi para petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karangasem. Hal terlihat saat umat Hindu merayakan hari raya Kuningan, namun para petugas BPBD malah disibukan dengan tumbangnya sejumlah pohon yang mengganggu akses lalulintas sampai menimpa rumah dan Pura keluarga. 

 

Plt. Kabid Kebencanaan dan Kesiapsiagaan, BPBD Karangasem, Putu Eka Putra Tirtana, Minggu (21/11/2021), menyampaikan, tumbangnya sejumlah pohon diberbagai tempat ini terjadi bertepatan saat umat melaksanakan perayaan hari Raya Kuningan. Dimana, saat itu terjadi hujan lebat disertai angin kencang. “Meski hari raya, petugas tetap ada yang siaga bertugas,” ujarnya. 

 

Eka Putra Tirtana mengatakan, pihaknya menerima laporan dari masyarakat di seluruh Karangasem. Akan tetapi,keterbatasan petugas jaga penanganan pohon tumbang sedikit terhambat.  Disamping itu, pihaknya juga mempertimbangkan skala prioritas yang harus ditangangi, seperti pohon tumbang menghalangi akses lalu lintas. “Tepat saat hujan deras disertai angin kencang pohon tumbang melintang jalan di Banjar Sesana, desa Bungaya Kangin, karena itu membuat akses jalan macet kita dahulukan penangananya,” ujarnya lagi. 

 

Dikecamatan Bebandem sendiri, kata Eka Putra Tirtana, BPBD menerima lima laporan pohon tumbang. Sebagian besar pohon menghalangi akses jalan raya, sedangkan satu pohon tumbang menimpa sanggah di Banjar Sesana. Sedangkan, di kecamatan Manggis, pihaknya menerima satu laporan pohon tumbang tepatnya di Desa Sengkidu. “Di kecamatan Karangasem juga satu pohon,serta di kecamatan Rendang dan Selat juga satu pohon, semuanya hanya menimpa jalan raya, kejadian pohon tumbang tidak sampai menimbulkan korban jiwa,” ujarnya lagi.

 

Sedangkan, tepat hari raya Kuningan juga terjadi kebakaran yang meludeskan rumah salah seorang warga di Br. Dinas Tengah, Desa Sidemen, Kecamatan Sidemen. Rumah milik Gusti Ngurah Agung Hendra terbakar sekira pukul 10.00 wita. BPBD sendiri, kata Eka Putra Tirtana, sudah menyerahkan bantuan untuk korban yang terkena musibah Kebakaran Rumah. “Untuk bantuan yang diberikan mulai dari Terpal,Selimut,Matras, Beras,Makanan Siap Saji,Lauk Pauk serta Makanan Tambahan Gizi,” ujar Eka Putra Tirtana. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Bupati Jembrana akan Siapkan Tempat Representatif Lomba Burung Berkicau

Ming Nov 21 , 2021
23 ViewsNEGARA-fajarbali.com | Melihat tingginya animo peserta lomba burung berkicau di Jembrana cukup banyak, akan difasilitasi tempat yang representatif untuk penyelenggaraan lomba. Hal itu disampaikan Bupati Jembrana I Nengah Tamba saat menghadiri Perlombaan Seni Suara Burung Berkicau Jembrana Bahagia digelar di Gantangan Pasti Puas Negara, Minggu (21/11/2021).