Dukung Wujudkan Kota Tangguh Sosial, TP PKK Gelar Posyandu Paripurna

DENPASAR-fajarbali.com | Mewujudkan Kota Denpasar sabagai kota tangguh sosial semua pihak harus bergerak untuk mendukungnya.



Seperti yang dilaksanakan Tim Penggerak (TP) PKK Kota Denpasar melalui 10 program pokok PKK untuk mewujudkan masyarakat sehat dengan melaksanakan Posyandu Paripurna.

Dalam mewujudkan kota tangguh sosial derajat kesehatan masyarakat harus terus ditingkatkan. Karena dengan meningkatnya derajat kesehatan akan membawa dampak terhadap terwujudnya kebahagian masyarakat.



Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra yang didampingi Wakil Ketuanya Ny. Kerti Rai Iswara, menyampaikan hal itu saat membuka pelaksanaan posyandu paripurna di Banjar Kuningan, Desa Kesiman Petilan, Kecamatan Denpasar Timur, Senin (22/4/2019).

Pembukaan posyandu paripurna tersebut juga dihadiri Camat Denpasar Timur, Wayan Herman dan Perbekel Kesiman Petilan, I Wayan Mariana ditandai dengan penyuapan makanan pada salah seorang perwakilan balita oleh Ketua TP PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra. Sebelum pelaksanaan posyandu dibuka secara resmi Ny. Selly beserta Ny. Kerti Rai Iswara mengikuti senam lansia berbaur dengan para lansia.



Ny. Selly menambahkan, saat ini indeks kebahagian Kota Denpasar telah mencapai 78 persen. Hal ini sangat dipengaruhi oleh derajat kesehatan masyarakat. Tentu melalui pelaksanaan posyandu paripurna yang langsung menyasar ke banjar-banjar semakin dapat meningkatkan indek kebahagian masyarakat. “Dengan semakin meningkat derajat kesehatan masyarakat Saya yakin dapat meningkatkan indeks kebahagian masyarakat itu sendiri,” ujarnya.

Pelaksanaan posyandu paripurna yang menyasar ibu hamil, balita, dan lansia akan semakin meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pelaksanaan posyandu paripurna rutin dilaksanakan tiap tahun. Untuk tahun 2019 ini menyasar 8 lokasi yang tersebar di empat kecamatan dengan menyasar 590 balita, 15 ibu hamil dan 709 lansia.



Dalam kesempatan tersebut Ny. Selly mengajak semua lansia untuk terus hadir setiap pelaksanaan posyandu. Karena dengan pelaksanaan posyandu para lansia dapat bertemu dengan sesama lansia. Disamping juga memperhatikan kesehatan pribadi juga harus memperhatikan kesehatan lingkungan. Salah satunya dengan mengurangi penggunaan kantong plastik sehingga lingkungan tetap sehat.

Setelah pelaksanaan posyandu paripurna para lansia akan diajak untuk melakukan tirta yatra ke Pura Tirta Empul. Pelaksanaan tirta yatra ini sebagai salah satu bentuk perhatian Pemerintah Kota Denpasar yang tidak hanya memperhatikan kesehatan jasmani namun memperhatikan kesehatan rohani.



Ketua Kader Posyandu Cempaka Kuning, Banjar Kuningan Sunarti Wirka menyampakan pelaksanaan posyandu untuk balita di Banjar Kuningan rutin tiap bulan. Pelaksanaan posyandu sangat dirasakan manfaatnya terutama bagi balita. Mengingat pelaksanaan posyandu dapat mengontrol perkembangan kesehatan anak mulai dari kandungan hinggal balita. Sedangkan untuk lansia sendiri pelaksanaan posyandu paripurna sebagai tempat bertemu sesama lansia di samping untuk memeriksakan kesehatannya. (car)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Proyek Jembatan Metra-Kedui Jadi Polemik, Sempat Molor, Kini Terkesan Mangkrak

Sen Apr 22 , 2019
BANGLI-fajarbali.com | Pengerjaan proyek pembangunan jembatan penghubung antara Banjar Metra, Desa Yangapi dan Banjar Kedui, Desa Tembuku di Kecamatan Tembuku kini menjadi polemik di masyarakat.
BPD BALI