Diskes Bali Ajak Orang Tua Jaga Anak dari Serangan Covid-19

DENPASAR -fajarbali.com |Lonjakan kasus Covid-19 selama beberapa waktu belakangan menjadi peringatan pentingnya menjaga kesehatan dan menjalani protokol kesehatan demi diri dan keluarga, serta orang sekitar. Guna mengantisipasi terpaparnya anak dari covid, Dinas Kesehatan (Diskes) Bali pun mengajak semua lapisan masyarakat terutama para orang tua agar menjaga anak-anaknya dari Covid-19 di masa pandemi ini. 

Mari kita menjaga kesehatan anak-anak kita dari serangan Covid-19. Karena saat ini mereka adalah masuk golongan resiko tinggi terkena virus ini. Bagi mereka yang memiliki anak usia 12-17 tahun, maka sudah wajib mengikuti program vaksinasi. Sekarang sudah ada fasilitas kesehatan maupun sekolah-sekolah yang melayani vaksinasi untuk anak.

Begitu juga dengan para orang tua juga harus melakukan vaksinasi dalam upaya mempercepat terbentuknya herd immunity di Bali,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya, MPPM, Rabu (28/7) secara daring dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional.

Baca Juga : 
Beli Tembakau Gorilla Lewat Online, Pemuda Asal Jimbaran Diringkus
Diminta Bijak Bermedsos, Puluhan Anggota Polwan Polresta Denpasar Diperiksa Propam

Lebih lanjut, dr Suarjaya menjelaskan masalah tata cara menjaga kesehatan anak agar terhindar dari serangan Covid-19. Pertama ia berpesan kepada semua pihak termasuk orang tua agar tetap waspada dengan kehadiran Covid-19 ini. Dimana harus menjaga perilaku hidup bersih sebelum mendekati anak-anak di rumah.

“Biasanya ketika datang dari luar rumah, kita jangan langsung mengambil anak-anak. Kita harus mandi dulu, keramas serta membersihkan pakaian yang digunakan di luar rumah. Barulah mendekati anak-anak. Kalau tidak demikian, kemungkinan kena virus ini sangat besar. Apalagi anak kita belum mendapatkan imunisasi Covid-19. Kita kan tidak pernah tahu Covid-19 itu datang,” ujarnya.

 Kedua, dr Suarjaya menegaskan agar semua orang disiplin terhadap diri mereka masing-masing. Karena Covid-19 akan selalu berupaya menyerang setiap waktu dan dimanapun. “Mulai saat ini kita harus melakukan semua langkah secara disiplin. Terutama menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Tak hanya itu, menjaga kesehatan tubuh dengan rutin berolahraga juga mampu meningkatkan imunitas tubuh,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, dr Suarjaya mengungkapkan beberapa hal yang harus dilakukan orang tua ketika anaknya terserang Covid-19. Diantaranya adalah bisa melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah masing-masing dengan ketentuan si anak tidak bergejala, kemudian bergejala ringan serta masih aktif bergerak. 

“Anak yang positif Covid-19 tanpa gejala, bisa diberikan vitamin C atau vitamin D agar imun tubuhnya tetap kuat. Selain itu pula, bagi mereka yang ada gejala ringan, bisa diberikan obat penurun panas atau obat flu biasa, disertai minum vitamin secukupnya,” papar dr Suarjaya sembari menerangkan jika anak juga harus diberikan dukungan psikologis agar tetap merasa sehat. (car)

 

 

 Save as PDF

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

RSUD Sanjiwani Sempat Overload Tangani Pasien Covid

Jum Jul 30 , 2021
GIANYAR -fajarbali.com |Meningkat tajamnya pasien terpapar covid 19, menyebabkan RSUD Sanjiwani Gianyar harus menambah lagibruang perawatan isolasi bagi pasien terpapar. Peningkatan pasien ini terjadi sejak sepekan lalu. Bahkan sebelumnya untuk perawatan saat ini, menggunakan ruang UGD sebagai tempat pelayanan sambil menubggu ruang isolasi tersedia.   Save as PDF

Berita Lainnya