Dies Natalis Ke-60 Unud, Bergerak Bersama Menuju PTN BH

Dies Natalis Unud Ke-60

MANGUPURA – fajarbali.com | Puncak peringatan Dies Natalies ke-60 Universitas Udayana (Unud) berlangsung di Auditorium Widya Sabha Kampus Unud Bukit Jimbaran, Kamis (29/9/2022). Peringatan diawali Rapat Senat Terbuka dipimpin Rektor Unud Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., IPU.

Menariknya, puncak acara diisi orasi ilmiah oleh Mendikbudristek RI Nadiem Anwar Makarim, yang diwakili Plt. Dirjen Diktiristek, Prof. Nizam, serta penganugerahan Udayana Award kepada Menko Polhukam, Prof. Mahfud Md.

Rektor melaporkan, tema Dies yang diambil tahun ini adalah “Bergerak Bersama Menuju PTN BH”. Tema ini mencerminkan bahwa sivitas akademika Unud bersatu padu dengan semangat bergotong royong dan berkolaborasi secara bersama-sama bergerak dengan mengerahkan segala sumber daya yang dimiliki untuk meraih status Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

Dengan ber-PTN BH, Unud akan memperoleh otonomi pengelolaan aset yang lebih luas, sehingga pemberdayaan aset di Unud yang saat ini belum optimal menjadi lebih baik dan meningkat.

“Setiap kali kita memperingati Dies Natalis, makna penting yang terkandung di dalamnya adalah perenungan diri, tentang siapa kita, apa tugas dan fungsi kita, sejauh mana kinerja kita selama ini, dan mau kemana Unud ke depan. Kita pun seharusnya dapat membawa Universitas tercinta ini lebih baik dan lebih baik lagi,” kata Prof. Antara.

Prof. Antara melanjutkan, dengan capaian akreditasi Unggul yang menjadi modal dasar menuju PTN BH, Unud terus memperkokoh lembaga pendidikan dan sedang bertransformasi menuju PTN BH. Saat ini Unud berstatus PTN Badan Layanan Umum (BLU) yang telah berjalan sejak tahun 2011.

Peningkatan status ke PTN BH dapat mendorong Unud untuk meningkatkan kualitas pendidikan, kualitas kinerja sumber daya manusia (SDM), serta kualitas layanan, sehingga menghasilkan kualitas lulusan yang unggul dan siap bersaing ditingkat regional, nasional, maupun internasional.

Antara menyampaikan, berdasarkan hasil penilaian sistem Analitik PTN BH (oleh Direktorat Kelembagaan Dirjen Dikti) Unud memperoleh skor 377,93. “Dari skor yang diperoleh, Unud sudah memenuhi kelayakan untuk berubah menjadi PTN BH. Skor minimal yang harus dipenuhi untuk perubahan PTN menjadi PTN BH adalah 300,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Rektor juga mengatakan, Unud telah merealisasikan nota kesepahaman dengan mitra kerja sama dalam negeri sebanyak 462 kerja sama pada tahun 2022. Kerja sama tersebut meliputi dengan pemerintah pusat (53), pemerintah daerah (53), PTN/PTS (118), BUMN (217), dan 21 kerja sama dengan pihak swasta. Sementara kerja sama luar negeri Unud dibagi menjadi 5 kelompok yang terdiri dari ASEAN+, Jepang, Australia, USA, dan Eropa. Adapun total kerja sama Unud dengan mitra luar negeri sebanyak 186 kerja sama.

Acara puncak Dies Natalies Ke-60 Unud selain dihadiri undangan internal di lingkungan Unud, juga dihadiri undangan luar, di antaranya pejabat pemerintahan hingga pimpinan perguruan tinggi di Bali. Wakil Gubernur Bali, Prof. Tjok Oka Artha Ardana Sukawati, yang hadir langsung dalam acara itu, turut mengucapkan selamat Dies Natalis ke-60 Unud. “Semoga Unud semakin jaya, semakin sukses, dan semakin maju,” ucapnya.

Sementara itu, Prof. Nizam dalam kesempatannya menyampaikan, dengan bertambahnya usia, kini sudah saatnya Unud berlari lebih kencang lagi. Ia menjelaskan, tantangan ke depan sangat nyata. Perkembangan iptek membawa disrupsi yang luar biasa. Oleh sebab itu, Unud harus menyiapkan lulusan yang siap dengan kompetensi-kompetensi baru guna menghadapi tantangan-tantangan baru 5 -10 tahun mendatang. “Perguruan tinggi jangan jadi menara gading, tapi jadilah mata air. Menyelami permasalahan yang ada di masyarakat dan menghadirkan solusi atas permasalahan-permasalahan itu,” kata dia. (rl)

Sumber: www.unud.ac.id

Next Post

Sambut World Diabetes Day 2022, PT Nutrifood Indonesia Audiensi ke FK Unud

Jum Sep 30 , 2022
Kunjungan ini bertujuan untuk membahas penjajakan kerja sama antara PT. Nutrifood Indonesia dengan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana dalam menyambut World Diabetes Day yang akan diselenggarakan pada tanggal 14 November 2022.
A48F14DB-1B6C-4216-A1F7-873C139D0AA5-4ede9ea3