Desa Ketewel Dharma Santi Nyepi dengan Donor Darah

GIANYAR-fajarbali.com | Masyarakat Desa Ketewel, Kecamataan Sukawati melaksanakan Dharma Santi Nyepi yang lain dari biasanya. Dimana pada umumnya Dharma Santi diisi dengan dharma wacana atau diskusi, namum kali ini diisi dengan wujud dharma sosial.

Kegiatannya meliputi donor darah untuk sejuta umat. Kegiatan ini diikuti anggota DPRD Bali, DPRD Gianyar dan calon bupati Gianyar, Agus Mahayastra ikut menyumbangkan darah, Kamis (22/3/2018) . 

Sejak pagi kemarin, seratusan warga menghadiri acara tersebut dan mendonorkan darahnya. Kegiatan ini serangkaian Dharma Santi Nyepi Tahun Baru Saka 1940. Ketua Panitia kegiatan, Wayan Ari Sutama menjelaskan kegiatan tersebut selain bisa menyelamatkan warga yang membutuhkan juga sebagai jalinan kasih antar umat. 
“Kami laksanakan dharma social sebagai jalinan kasih antar umat,” jelas Ari Sutama.

Dari antusiasnya warga yang mengikuti kegiatan tersebut, Ari Sutama sangat berterimakasih dengan antusiasnya para calon pendonor mengikuti dharma sosial berupa kegiatan donor darah tersebut. Meksi, beberapa orang terpaksa mengurungkan niatnya untuk berdonor lantaran kondisi kesehatannya tidak memungkinkan. 

”Syukurnya dari seratus orang lebih yang hadir dan mewajibkan diri akan berdonor, terkumpul sekitar 70 kantong darah dalam hitungan dua jam,” terangnya bangga. 
Dalam kesempatan itu, warga yang datang tanpa memandang jabatan ataupun golongan dan berbaur menjadi satu demi menyumbang setetes darah untuk kemanusiaan.
Donor darah diawali Ketua Komisi IV DPRD Bali, I Nyoman Parta setelah memenuhi persyaratan.  Diikuti  oleh nggota DPRD Gianyar, Luh Yuniati serta tokoh masyarakat lainnya.

”Kegiatan donor darah ini, kami harapkan menjadi tolak ukur dan awal yang baik untuk menuju harmonisasi  dan rasa saling menolong tanpa pamrih.  Apalagi menjadi pendonor darah tidak hanya bermanfaat untuk membantu orang yang membutuhkan darah, tetapi bermanfaat juga bagi kesehatan  pendonor,” jelas Nyomaan Parta. 
Bagi Parta, Dharma Santi seharusnya tidak sebatas hanya dilakukan dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan diskusi keagamaan, lebih dari itu dharma santi juga dapat dilakukan dengan cara memberikan punia termasuk donor darah ini.

Hal yang senada diungkapkan calon Bupati Gianyar, Made Agus Mahayastra yang turut mendonorkan darahnya. Agus yang mengaku sudah berulangkali melaksanakan donor darah ini, sangat salut dengan langkah  yang dilakukan tokoh warga  di Desa Kewetel dan I Nyoman Parta sebagai fasilitatornya. 

“Ini adalah wujud nyata nyadnya yang dilakukan warga dalam membangun kebersamaan.  Ini patut dijadikan toladan oleh kelompak masyarakat lainnya,” harap Mahayastra. Selain meningkatkan nilai kepedulian di masyarakat , sebutnya, kegiatan ini juga memberikan pendidikan nilai-nilai kemanusiaan, moral dan etika berkehidupan sosial yang saling bantu-membantu. (sar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Dua Kabupaten/Kota Kagumi MPP Sewaka Dharma 

Kam Mar 22 , 2018
DENPASAR-fajarbali.com | Keberhasilan Kota Denpasar menerapkan berbagai layanan dalam Mal Pelayanan Publik (MPP) Sewaka Dharma Kota Denpasar mendapat perhatian berbagai daerah.