Wujudkan Pelayanan Prima, RS Pratama Tanguwisia Akan Jadi BLUD

Sekda Kabupaten Buleleng Gede Suyasa melakukan peninjauan RSP Tanguwisia

SINGARAJA – fajarbali.com| Dalam memberikan pelayanan prima khususnya dibidang kesehatan, Pemerintah Kabupaten Buleleng terus melakukan inovatif. Bukan hanya didalam penyediaan tim kesehatan yang bertugas di beberapa rumah sakit berplat merah itu namun pemerintah daerah juga melakukan peningkatan terhadap status rumah sakit yang ada di Kabupaten Buleleng.

 

Rumah Sakit Pratama (RSP) yang ada di Desa Tanguwisia, Kecamatan Seririt  berencana akan ditingkatkan statusnya menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Dengan peningkatan status tersebut diharapkan dapat lebih prima dalam memberikan pelayanan.

 

Sebagai langkah awal, Sekretaris Daerah Gede Suyasa hadir dan menggelar rapat koordinasi penilaian tahap pertama dengan jajaran pejabat RSP Tangguwisia beberapa hari yang lalu. Rapat itu membahas ketentuan mengenai rencana strategis dari RS Tangguwisia dalam mengelola BLUD tersebut, serta dukungan terhadap Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Buleleng yang akan dilanjutkan tahapan penilaian final yang direncanakan antara Desember 2022 dan Januari 2023, sehingga permohonan pengelolaan RSP Tangguwisia sebagai BLUD bisa mendapat pertimbangan baik dan diizinkan oleh Pemerintah Provinsi Bali.

 

Ditemui usai kegiatan, Sekda Suyasa mengatakan proses awal permohonan RSP Tangguwisia menjadi BLUD ada beberapa indikator dan kriteria yang menjadi ketentuan dari tim penilai.  Adapun keuntungan jika RSP nantinya menjadi BLUD yaitu terdapat fleksibilitas manajemen yang outputnya dapat mempercepat pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.”Jadi akan lebih cepat, akurat, dan tidak lagi menunggu kebijakan dari dinas kesehatan sendiri,”pungkasnya.

 

Untuk diketahui, RSP Tangguwisia sudah menjadi Rumah Sakit tipe D dengan itu RSP Tangguwisia bisa langsung merujuk pasien menuju RS tipe B yang dalam hal ini yaitu RSUD Buleleng. W – 008

Ida bagus Sudarsana

Next Post

Menuju Desa Mandiri Kelola Sampah Desa Jumpai dan Dawan Klod Bangun TPST 3R

Rab Nov 23 , 2022
Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta saat meresmikan TPST 3R Segara Asri di Desa Jumpai, Klungkung. SEMARAPURA-fajarbali | Seiring dikebutnya pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Terpadu Reduce-Reuse-Recycle (TPST 3R), semakin banyak pula desa di Kabupaten Klungkung yang mandiri menangani sampahnya. Yang terbaru, dua desa yakni Jumpai dan Dawan Klod yang telah merampungkan […]
1e06c7e2-0652-4b04-8460-d49ed5e04aa3-07ab469b