Wakil Bupati Badung Launching Maskot Desa Abiansemal

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa melaunching maskot lagu, tabuh dan tari “Mangu Gangga” sebagai maskot Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, sekaligus menutup Pekan Olahraga dan Seni Desa (Porsenides) Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani, Kecamatan Abiansemal di Balai Banjar Kedampal, Jumat (29/12/2017) yang lalu.

MANGUPURA-fajarbali.com | Pada kesempatan tersebut Wabup Suiasa didampingi anggota DPRD Badung Putu Alit Yandinata, Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Surya Jaya dan tokoh masyarakat setempat.

Wabup Suiasa menyampaikan, selaku pemerintah merasa berbangga karena Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani sudah mampu menciptakan maskot desa baik lagu mars, tabuh maupun seni tari, terlebih telah dapat melaksanakan Porsenides dengan baik. 

Menurutnya menciptakan sebuah maskot desa,  dapat dijadikan sebagai simbol di desa yang berdasarkan seni dan budaya. “Di kamupaten badung kami telah berkomitmen semua bidang pembangunan harus berdasarkan budaya. Maskot ini simbul kebanggaan desa, sebagai wujud wirang jengah tindih kepada desa,” tegasnya. 

Kegiatan yang telah dilakukan Desa Abiansemal Dauh Yeh Cani sangat sejalan dengan visi misi dan Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana Badung didalamnya terdapat lima program prioritas, salah satunya dalam pemberdayaan seni, adat, agama dan budaya. Suiasa melihat perkembangan seni dan budaya di Badung dalam dua tahun terakhir ini telah mengalami peningkatan yang begitu pesat, di masing banjar telah ada beleganjur, gong kebyar termasuk sekaa tabuh mulai anak anak, dewasa hingga PKK, Sekaa gender wanita juga muncul. Ini membuktikan PPNSB dalam bidang seni budaya sudah berjalan dengan baik.  “Dimana sebuah desa itu mampu meningkatkan seni dan budaya, dapat dikatakan masyarakat desa itu pasti bersatu,” tambahnya.

Perbekel Abiansemal Dauh Yeh Cani, I Wayan Sutama menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Badung dan khususnya masyarakat Abiansemal Dauh Yeh Cani yang telah suport terlaksananya kegiatan Porsenides dan Launching Maskot “Mangu Gangga” ini.

Porsenides dengan tema “Melalui Porsenides kita bangun generasi Abiansemal Dauh Yeh Cani yang handal dan maju” bertujuan meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan serta persaudaraan antar masyarakat. Selain itu ajang ini guna melahirkan bibit-bibit seniman dan atlet yang berprestasi. “Parade seni telah kami gelar pada bulan Agustus lalu, sementara Pordes bulan desember,” tambahnya. Launching Maskot ini, sebagai tindaklanjut arahan Bapak Bupati Badung agar setiap desa mempunyai maskot desa masing-masing. (put)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Golkar Kaji Ulang Surat Tugas Kepada SGB

Sen Jan 1 , 2018
Sepertinya Koalisi Rakyat Bali (KRB) dalam mengusung Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-Ketut Sudikerta (Dharma-Kerta) sudah hampir final. Hal ini juga akan mempengaruhi rekomendasi Partai Golkar yang sebelumnya memberikan mandat kepada Ketut Sudikerta sebagai Calon Gubernur.