TP PKK Morowali Utara Belajar Tata Kelola Sampah ke Gianyar

“Jadi, saya bilang bagaimana kita menerapkan kebersihan itu kepada masyarakat. Sehingga kita harus pelajari pengolahan sampahnya,” ujar Ny. Febriyanthi H. Dj. Hehi.

GIANYAR-fajarbali.com | Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan I Wayan Sadra didampingi Sekretaris TP. PKK Kabupaten Gianyar Ni Wayan Sriyani menerima kunjungan Ketua TP. PKK Kabupaten Morowali Utara, Ny. Febriyanthi bersama H. Dj. Hehi beserta rombongan di Ruang Sidang Utama Kantor Bupati Gianyar, Kamis (22/9/22). 
Kunjungan tersebut dilaksanakan terkait  kaji banding kelembagaan dan 10 Pokok Program PKK. Ketua TP. PKK Kabupaten Morowali Utara Ny. Febriyanthi H. Dj. Hehi mengatakan melihat begitu banyak program inovatif dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar, salah satunya Program Puspa Aman yang terintegrasi dengan TPS3R dan Aku Hatinya PKK. Sehingga dirinya memilih Kabupaten Gianyar sebagai lokus kunjunganya. “Sebenarnya kita di Morowali Utara punya program yang sama yaitu program GEMPAR dan PAJEKO. Jadi disini kami bisa belajar mengintegrasikan, agar program ini bisa berjalan baik,” kata Ny. Febriyanthi H. Dj. Hehi.
 
Terlebih, dirinya sangat kagum dengan kebersihan Kabupaten Gianyar. Karena di Morowali Utara sampah masih sangat sulit diselesaikan. “Jadi, saya bilang bagaimana kita menerapkan kebersihan itu kepada masyarakat. Sehingga kita harus pelajari pengolahan sampahnya,” ujar Ny. Febriyanthi H. Dj. Hehi. Selain itu, dirinya juga sangat terkesan dengan destinasi wisata di Kabupaten Gianyar yang didukung dengan UMKM yang ada di bawah arahan Dekranasda Kabupaten Gianyar. “Kami di Morowali sudah memulai dengan UMKM yang ada dan masih perlu banyak belajar dan melihat di Kabupaten Gianyar,” tandas Ny. Febriyanthi H. Dj. Hehi.
 
Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan I Wayan Sadra mengatakan masalahan sampah di Kabupaten Gianyar dapat teratasi dengan terlebih dahulu membuat regulasi guna memberikan payung hukum. “Di masing-masing desa sudah diatur untuk menjaga kebersihan melalui pengumpulan sampah di masing-masing rumah tangga,” kata I Wayan Sadra.
 
Terkait dengan perekonomian di Kabupaten Gianyar yang mengandalkan pariwisata, adanya pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD), sehingga pembangunan di bawah arahan Bupati Mahayastra menerapkan skala prioritas pembangunan seperti pasar dan fasilitas umum. Selain membangun pasar, peran serta PKK guna kembali meningkatkan perekonomian dengan mengadakan Pasar Rakyat yang dilaksanakan secara bergilir di 9 Kabupaten/Kota Bali.
 
Sementara itu, Sekretaris TP. PKK Kabupaten Gianyar Ni Wayan Sriyani mengatakan fokus kegiatan pokok TP.PKK sesungguhanya hanya 2 kegiatan besar sesuai dengan program pokok TP.PKK Provinsi Bali yaitu kegiatan aksi sosial dan sosialisasi. Dimana aksi sosial merupakan kegiatan yang langsung turun menyasar masyarakat seperti pasar rakyat dan pembagian PMT kepada balita, lansia maupun kader PKK yang kurang mampu sedangkan sosialisasi dilakukan terkait dengan keunggulan di masing-masing Pokja.
Selain itu, TP. PKK Kabupaten Gianyar juga sudah menerapkan aplikasi SIM PKK yang bekerjasama dengan Dinas Kominfo. “Disitu sudah masuk data dasawisma, data Pokja, data kegiatan dimasing-masing kecamatan dan desa,” ujar Ni Wayan Sriyani. Diakhir acara dilanjukan dengan mengunjungi pameran UMKM Dekranasda Kabupaten Gianyar, TPA Negeri Gianyar dan TPS3R Desa Sidan.sar

Next Post

Pasangan Mesum Rekam Video di Tampak Siring Gianyar

Kam Sep 22 , 2022
Usai Melukat di Pura Tirta Empul
IMG_20220922_221037-70ba0727