TP PKK Gianyar Sosialisasi Gagah Bencana

GIANYAR-fajarbali.com | Memberi pemahaman kepada kader PKK terkait mengelola program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat yang ada di Pokja 4, Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar melakukan sosialisasi Gagah Bencana bagi Kader PKK Kecamatan Desa/kelurahan se Kabupaten Gianyar. 
 
Sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman terkait strategi mengatasi permasalahan di keluarga. “Sosialisasi Gerakan Keluarga sehat tanggap dan tangguh bencana merupakan program unggulan Pokja IV sebagai strategi mengatasi berbagai permasalahan yang di hadapi keluarga. Tentu masalah yang dimaksudkan meliputi bidang kesehatan, lingkungan ataupun perencanaan keluarga sehat dan sejahtera,” ujar Sekretaris TP PKK Kabupaten Gianyar Ni Wayan Sriyani, Kamis (4/8/2022) saat membuka sosialisasi. 
 
Dilanjutkannya, keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat yang mempunyai peranan besar dalam proses pembangunan, karena kondisi suatu keluarga dapat dijadikan tolak ukur terhadap kesejahteraan masyarakat pada umumnya. “Derajat kesehatan keluarga perlu ditingkatkan dengan peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat dengan meningkatkan keluarga sadar gizi, pencegahan dan deteksi dini kanker, imunisasi, dan pencegahan penyakit menular maupun tidak menular lainnya serta memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan,” terang Sriyani.
 
Sriyani juga mencontohkan permasalahan kesehatan yang dihadapi seperti persoalan stunting yang saat ini sedang digencarkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten kota. “Meski prevalensi angka stunting Gianyar sudah di bawah target nasional, namun kita harus tetap merapatkan barisan guna bersama-sama mengentaskan stunting untuk terwujudnya zero stunting. Dan permasalahan pandemi semoga tidak menimbulkan permasalahan lain lagi,” harapnya. 
 
Sosialisasi tersebut juga menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya, seperti Ida Bagus Putu Suamba, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Gianyar yang memaparkan berbagai bencana serta penanganannya. “Saya contohkan bencana alam seperti gempa bumi. Ketika terjadi gempa jangan langsung lari, selamatkan anak kecil terdahulu kemudian orang sakit, lansia baru kita mencari tempat aman,” ujar Gus Suamba. Disamping Gus Suamba ada pula Ni Wayan Kasih, I Nyoman Sukerena Pande, dan Ni Wayan Sukasti dari pengurus Pokja 4 TP PKK Gianyar

Next Post

Terbukti Penyalahguna Narkotika, Oknum Pengacara Divonis Jalani Rehabilitasi

Kam Agu 4 , 2022
Ilustrasi vonis hakim DENPASAR-Fajarbali.com|Majelis Hakim Pengadilan Negeri Denpasar menjatuhkan vonis hukuman menjalani rehabilitasi medis selama 6 bulan kapada terdakwa Putu Nova Christ Andika Graha Parwata alias Putu Nova yang terjerat kasus narkotika. Majelis hakim dalam amar putusannya menyatakan sependapat dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Imam Ramdhoni yang menyebut bahwa terdakwa […]
4160BECE-638C-467E-80A4-89C465EFEE61-1f69f834
BPD BALI