SMP PGRI 6 Denpasar Praktik Lapangan di Inna Bali Hotel

Sebanyak 98 siswa-siswi kelas IX SMP PGRI 6 Denpasar mengikuti praktik lapangan ke Inna Bali Hotel, Denpasar, Rabu (12/12/2017). Praktik itu meliputi table manner, making bad, front office, dan seni mengukir buah atau fruit carving.

DENPASAR-fajarbali.com | Selain sudah mengantongi akraditasi A, SMP Swasta yang terletak di Jalan Kapten Japa Gang Taman Sari ini, memiliki tiga keunggulan, yakni program English Class, Komputer dan Jasa Boga.

Kepala SMP PGRI 6 Denpasar Drs. I Ketut Antara, M.Ag., menjelaskan, praktik langsung ke hotel ini sudah dilaksanakan tiga kali, sejak pihak sekolah dan pihak hotel mengadakan kerjasama. Praktik lapangan juga membuktikan, sekolah yang dipimpinnya menjadi SMP pertama dan satu-satunya di Bali yang memberikan pangalaman langsung ke hotel. “Ide-ide kami yang inovatif sebetulnya masih banyak,” kata Antara saat mendampingi peserta didiknya.

Antara berpendapat, dengan memberikan praktik sejak dini, para siswanya akan lebih mudah beradaptasi dan menyerap ilmu ketika melanjutkan ke SMK pariwisata tahun depan. Di samping itu, ilmu yang didapatkan di hotel, juga bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari di rumah, seperti merapikan tempat tidur, memasak dan mengukir buah yang prospeknya sangat cerah ke de pannya.

Lebih lanjut, kepala sekolah yang dikenal dekat dengan siswanya ini menuturkan, kualitas lulusan SMP PGRI 6 Denpasar memang diakui oleh sekolah tempat mereka melanjutkan. Baik dari kemampuan bahasa Inggrisnya, komputer dan praktik lapangan. “Lulusan kami banyak terserap di sekolah-sekolah lanjutan negeri. Dan sebagian lagi melanjutkan ke SMK Pariwisata. Untuk prestasi di bidang olahraga juga lumayan baik,” tuturnya.

Menjelang hari jadi sekolah yang ke 50 atau ulang tahun emas, Januari 2018 mendatang, Antara berharap SMP PGRI 6 Denpasar semakin eksis, diterima masyarakat dan selalu memberi kontribusi positif dalam mengisi kemerdekaan dengan mencetak sumber daya manusia yang unggul, berprestasi, serta berperilaku baik.

Sementara itu, Ketua Komite Kolonel TNI (Pur) Ketut Garga memaparkan, peserta didik di SMP PGRI 6 Denpasar memang mendapatkan gemblengan khsus untuk meningkatkan kedisiplinan, membentuk mental dan karakter positif, sehingga sebagian besar orangtua murid mengaku puas dengan hasil pendidikan di sekolah itu. “Sebetulnya di sekolah tidak keras. Tapi disiplin tinggi,” sebut Garga.

Dalam kesempatan yang sama, Manajer FB Inna Bali Hotel I Ketut Suweji mengaku salut atas antusiasme dan semangat siswa-siswi SMP PGRI 6 Denpasar. Meski tergolong masih anak-anak, namun ia menilai keseriusan siswa cukup tinggi. Ini menandakan, pihak sekolah cukup berhasil mendidik siswa-siswinya. “Pekerjaan di hotel itu ada klaster-klasternya. Lulusan SMP juga terpakai tenaganya. Kan disesuaikan nanti. Kami salut dengan ide-ide pihak sekolah, sangat inovatif,” kata dia memungkasi. Di sesi akhir, para siswa juga diberikan praktik ‘table manner’ yakni etika makan di meja makan berstandar internasional. (gde)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Buat Akun Facebook Palsu dengan Foto Wanita, Penipu Dipolisikan

Rab Des 13 , 2017
Buat akun palsu Facebook, seorang pria asal Badung, I Wayan Dedi Armawan (28) ditangkap Tim Cyber Crime Direktorat Reskrimsus Polda Bali.