Serba-serbi Wisuda ke-93 Undiknas. Kukuhan Dua Profesor dan Buka Dua Prodi Baru

Rektor Undiknas, Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, ST., S.Sos., MM., IPM., ASEAN.Eng., menyampaikan pentingnya peran perguruan tinggi, khususnya Undiknas, dalam menciptakan generasi muda yang mampu menjadi agen perubahan, atau “agent of producer,” yang berkontribusi positif terhadap masyarakat.

(Last Updated On: )

 

DENPASAR – fajarbali.com | Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) menggelar wisuda ke – 93 yang dirangkai dengan pengukuhan Dua Guru Besar Tetap, yakni Prof. Luh Putu Mahyuni, Ph.D., CMA., CSP., bidang Ilmu Akuntansi dan Prof. Dr. Ida Ayu Oka Martini, S.E., M.M., bidang Ilmu Manajemen.

Jumlah lulusan yang dilepas pada wisuda kali ini sebanyak 169 orang, terdiri dari 124 program sarjana dan 45 program magister, berlangsung pada Selasa (24/10/2023) di The Westin Resort, Nusa Dua, Bali.

Rektor Undiknas, Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, ST., S.Sos., MM., IPM., ASEAN.Eng., menyampaikan pentingnya peran perguruan tinggi, khususnya Undiknas, dalam menciptakan generasi muda yang mampu menjadi agen perubahan, atau “agent of producer,” yang berkontribusi positif terhadap masyarakat.

“Generasi muda sebagai agent of producer yang kreatif dan inovatif diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan untuk memberikan sumbangsih ide dan menerapkan konsep-konsep pembangunan berkelanjutan yang aplikatif dan berdayaguna,” ungkap Prof. Sri Subawa.

Dalam hal ini, lanjutnya, Undiknas telah berkomitmen kuat untuk mendukung tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030, melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Prof. Sri Subawa menekankan bahwa Undiknas merangkul SDGs sebagai panduan dalam kegiatan akademik, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam bidang pendidikan, Undiknas mengimplementasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk meningkatkan mobilitas dosen dan mahasiswa.

“Program ini meliputi pertukaran dosen dan mahasiswa, transfer kredit nasional dan internasional, magang di dalam dan luar negeri, serta program MBKM lainnya. Dalam bidang penelitian, Undiknas mendorong kegiatan penelitian yang mendukung SDGs, inovatif, solutif, berbasis bukti, serta lintas disiplin,” ujarnya.

Selain itu, kata Prof. Sri Subawa, Undiknas juga melibatkan diri dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan mendukung pencapaian 17 poin SDGs. Fokus pada program-program kemanusiaan dan proyek desa sebagai bagian dari program MBKM.

Undiknas tidak hanya berkomitmen untuk meraih keunggulan dalam tingkat nasional tetapi juga di tingkat internasional. Undiknas sedang mengupayakan kerja sama dengan universitas-universitas terkemuka, termasuk Mahidol University, yang saat ini menduduki peringkat 14 di kawasan Southeast Association (SEA) Rank 2024. Prof.

Sri Subawa juga menyebutkan bahwa Undiknas saat ini sedang berbenah untuk memenuhi indikator pemeringkatan universitas terbaik dunia, seperti Academic Reputation, Employer Reputation, Faculty Student Ratio, Citation per Faculty, dan International Faculty and Students.

“Tantangan ini tidak mudah, tetapi Undiknas yakin dapat mencapainya melalui upaya bersama seluruh civitas akademika dan mitra kerja sama,” ujarnya

Ia menambahkan, pada wisuda ke-93 ini Undiknas juga telah secara resmi membuka dua program studi baru yakni Program Studi Psikologi dan Program Studi Teknik Lingkungan program Strata Satu (S1) untuk terus dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan yang berkualitas dan bermutu, hal ini berdasarkan SK KEMENDIKBUD RESTEK No. 803/E/O/2023.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua Perkumpulan Pendidikan Nasional (Perdiknas), Dr. AA Ngurah Eddy Supriyadinata Gorda, selaku badan hukum penyelenggara pendidikan Undiknas, mendoakan agar semua lulusan sukses di bidangnya masing-masing.

Sesuai ranah yayasan, pihaknya komit mendukung segala hal di luar akademik, terutama sarana dan prasarana. Selain itu, yayasan juga memperhatikan betul kesejahteraan pegawai dan dosen di semua unit di bawahnya, tentunya berbasis data. (Gde)

Next Post

Serba-serbi Wisuda ke-93 Undiknas. Kukuhkan Dua Profesor dan Buka Dua Prodi Baru

Sel Okt 24 , 2023
Rektor Undiknas, Prof. Dr. Ir. Nyoman Sri Subawa, ST., S.Sos., MM., IPM., ASEAN.Eng., menyampaikan pentingnya peran perguruan tinggi, khususnya Undiknas, dalam menciptakan generasi muda yang mampu menjadi agen perubahan, atau "agent of producer," yang berkontribusi positif terhadap masyarakat.
Undiknas 1

Berita Lainnya