Semangat Puputan Menggema di “Kampus Perjuangan”

13 Views

Upacara bendera peringatan hari kemerdekaan RI ke-77 dilaksanakan Universitas Ngurah Rai, dilapangan kampus setempat, Rabu (17/8).

DENPASAR – fajarbali.com | Upacara Bendera memperingati hari jadi ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Rabu (17/8) berlangsung khidmat di Kampus Perjuangan, Universitas Ngurah Rai (UNR), Denpasar.

Semangat “Puputan atau habis-habisan” Pahlawan Nasional kebanggaan Bali I Gusti Ngurah Rai seolah merasuki segenap civitas yang namanya diabadikan menjadi nama kampus tersebut. Pidato Rektor Dr. Ni Putu Tirka Widanti, MM., M.Hum., yang menggelegar menambah khusuk suasana.

“Puputan!!! Semangat yang dulu pernah digaungkan oleh Pahlawan Nasional Letnan Kolonel (Anumerta) I Gusti Ngurah Rai, akan terus menjadi semangat kita dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang saat ini kita jalani sampai habis-habisan,” tegas rektor.

Tirka mengatakan, upacara bendera  yang dilakukan merupakan salah satu bentuk ucapan syukur dan penghormatan Civitas UNR terhadap para pejuang dan pahlawan kemerdekaan RI.

“Perjuangan mereka akan selalu menjadi inspirasi kita dalam menghadapi tantangan perkembangan global,” imbuhnya.

 

Mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, kata Tirka, bukanlah hal yang mudah, seperti yang pernah disampaikan oleh Bung Karno: “Perjuanganku Lebih Mudah Karena Mengusir Penjajah, Perjuanganmu Akan Lebih Sulit Karena Melawan Bangsamu Sendiri”.

“Hal ini bisa dirasakan sekarang, bagaimana kita harus mampu bersanding untuk hal yang positif dalam segala bidang, dan Universitas Ngurah Rai sebagai lembaga pendidikan tinggi memiliki tanggung jawab untuk membentuk karakter para generasi muda yang unggul sehingga berhasil melawan gempuran global,” lanjut Tirka.

Begitu besarnya nilai-nilai filosofi yang diwariskan para pahlawan nasional kepada penerus bangsa yang wajib dijaga sampai kapanpun dan melalui wadah apapun juga.

Oleh karena itu, ia mengajak Civitas UNR merayakan hari kemerdekaan dengan semangat para pahlawan,  marilah membiasakan diri untuk menjadi pribadi yang merdeka yang bertanggung jawab seusai tema HUT ke-77 Kemerdekaan RI “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”.

“Selama hampir 2 tahun belakangan ini kita bersama-sama berjuang untuk Pulih Lebih Cepat dari bencana kesehatan yang melanda dunia sehingga berdampak pada segala sektor. Saat ini waktunya kita bersama sama untuk Bangkit Lebih Kuat sehingga kita bisa berproduktifitas lebih tinggi lagi kedepannya,” ujar Tirka.

Dalam momentum Kemerdekaan RI, rektor perempuan pertama di perguruan tinggi tertua kedua di Bali itu menyampaikan apresiasi atas inisiatif, partisipasi, dukungan, sinergi, kolaborasi dan rasa militant seluruh keluarga besar UNR dalam mencapai Visi dan Misi Universitas, serta dalam konsistensinya untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Dengan segala capaian yang kita telah raih sampai saat ini, semoga kedepannya terus meningkat menjadi lebih baik. Terima kasih kepada Yayasan Jagadhita yang selalu memberikan dukungan dalam setiap program kerja yang kami laksanakan, serta seluruh keluarga besar UNR,” pungkas Tirka.

Apresiasi juga disampaikan kepada PPI Kabupaten Klungkung yang turut berpartisipasi, panitia, BEM dan semua pihak yang mendukung. Wakil Rektor III Dr. Gede Wirata, S.Sos., SH., MAP., tampil membacakan teks Proklamasi. (Gde)

Next Post

Residivis Maling Kos Dilumpuhkan Timah Panas

Rab Agu 17 , 2022
Beraksi di Lima TKP
IMG-20220816-WA0075-7b92f44b