Rumah Jabatan Bupati dan Wabup Badung Dipelaspas

MANGUPURA-fajarbali.com | Rumah Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Badung yang baru selesai dibangun, pada Tilem sasih Kapitu, Selasa (16/1/2018) diupacarai dengan upacara melaspas, caru rsi gana, ngeruak, nyakap karang, nyapuh dan mendem pedagingan.



Upacara dipuput Ida Pedanda Gede Buruan Gria Pesraman Darmasaba dan Ida Jro Gede Senguhu Tumburu Wasa Jroan Lambing Sibangkaja. Melaspas dihadiri Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta bersama istri, Wabup Badung I Ketut Suiasa bersama istri, Ketua DPRD Badung Putu Parwata beserta istri dan sejumlah anggota DPRD Badung, Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa, Pimpinan Perangkat Daerah dilingkungan Pemkab Badung, para Camat, Lurah/Perbekel dan Tokoh Organisasi Kemasyarakatan. Upacara melaspas dan mendem pedagingan bertujuan untuk menyucikan bangunan serta sarana pendukung dari rumah jabatan yang berlokasi di sebelah Barat areal Puspem Badung tersebut agar bisa ditempati.

Bupati Giri Prasta mengatakan, rumah jabatan Bupati dan Wakil Bupati Badung ini bukan menjadi tempat sepenuhnya bagi bupati dan wakil bupati. Namun tempat ini adalah milik masyarakat Badung, Bali bahkan Indonesia.

“Tempat ini adalah milik masyarakat, masyarakat boleh menggunakan dan siapapun nanti menjadi bupati dan wakil bupati Badung akan menempati rumah jabatan ini,” terangnya.

Dikatakan, rumah jabatan terdiri dari private room untuk kapasitas lima orang, lobby yang diatasnya terdapat middle room kapasitas sampai 50 orang dan public area room kapasitas sampai 100 orang. “Ini sepenuhnya adalah untuk melayani dan memenuhi kebutuhan masyarakat,” tambah Bupati.

Selain itu Bupati Giri Prasta menjelaskan, pembangunan rumah jabatan memakai konsep Hindu yaitu tri mandala, diantaranya utamaning mandala dengan adanya pelinggih, madyaning mandala dan soring mandala.

Pembangunan ini juga menggunakan konsep kerajaan Majapahit, dimana rumah jabatan sebagai pengendalinya dan kantor perangkat daerah sebagai “pepatih” untuk mengurus bumi/masyarakat Badung dan dihulunya sudah terdapat Pura Lingga Bhuwana. Bupati juga menambahkan, kawasan Puspem Badung telah dilengkapi Badung Command Center sebagai pengendali jaringan wifi di Badung. (put)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Terdampak Abu Vulkanik, Petani di Klungkung Gagal Panen

Sel Jan 16 , 2018
SEMARAPURA-fajarbali.com | Harapan para petani cabai di Subak Yeh Ehe, Desa Gelgel, Klungkung untuk menikmati hasil panen berlimpah tak bisa terwujud. Lantaran sejak Gunung Agung erupsi dan menyemburkan abu vulkanik, tanaman cabai mereka ikut menjadi ‘korban’.