Rektor Cup Kabaddi Sukses, UPMI Bali Rencanakan Event Nasional

(Last Updated On: 28/02/2024)

Penyerahan Piala Rektor Cup 2024 kepada pemenang.

DENPASAR-Fajar Bali | Universitas PGRI Mahadewa Indonesia (UPMI) Bali, sukses menggelar kejuaraan kabaddi bertajuk Rektor Cup 2024, pada 25-26 Februari bertempat di GOR Lila Bhuana, Denpasar.

Rektor Cup 2024 diikuti oleh puluhan tim se-Bali dari kalangan pelajar. Tim Kabaddi Kabupaten Badung sukses meraih medali emas nomor Seven for Five putri, setelah mereka mengalahkan tim tangguh Gianyar A, 24-21.

Medali perak seven for five putri disabet Gianyar dan perunggu bersama diraih Denpasar dan Gianyar B. Untuk nomor super five putra, tim Gianyar B merebut medali emas, perak diraih Gianyar A, dan perunggu bersama milik Klungkung dan Denpasar.

Sedangkan di nomor national style putra, medali emas direbut Gianyar, perak diraih Ekasma Semarapura, perunggu bersama Badung dan Klungkung. Sedangkan national stye putri, Gianyar merebut medali emas disusul perak diraih Denpasar, dan perunggu bersama Badung dan Ekasma Semarapura.

Melihat keberhasilan, antusiasme serta potensi yang ada, Rektor UPMI Prof. Dr. Drs. I Made Suarta, SH., M.Hum., langsung berencana menggelar pertandingan skala nasional. Ia pun yakin mendapat banyak dukungan.

Kabaddi, kata Prof. Suarta, bukan barang baru bagi UPMI. Bahkan, perguruan tinggi yang dipimpinnya itu sebagai embrio Tim Nasional Kabaddi sewaktu bernama IKIP PGRI Bali.

Kabaddi mulai diperkenalkan di tanah air tahun 2008. Bali dipilih sebagai markas, dan khususnya lagi IKIP PGRI (sekarang UMPI), karena dikenal memiliki mahasiswa yang notabene atlet-atlet berprestasi.

“Kami langsung sosialisasikan, persiapkan dan merekrut mahasiswa yang telah menjadi atlet cabang olahraga (cabor) lain untuk gabung ke tim kabaddi,” kenangnya.

Tim yang dibentuk di UPMI Bali, lanjut dia, kemudian disahkan menjadi Tim Nasional Indonesia bertarung di Asean Beach Games di Bali. Hasilnya langsung bertengger di posisi tiga.

Hingga saat ini, tim nasional kabaddi masih didominasi atlet dari Bali. Pada ajang Asean Games 2018 Jakarta-Palembang, Tim Nasional Indonesia yang berjumlah 24 orang, 21 di antaranya berasal dari Bali. Khususnya lagi mahasiswa UPMI Bali.

Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (PP FOKSI) Dr. Maryoto Subekti, mengakui bahwa UPMI Bali adalah embrio kabaddi Indonesia. “Sejarahnya memang begitu,” kata Maryoto.

Menurut Maryoto, kabaddi adalah jenis olahraga “full body contact” yang memadukan keberanian ketangkasan, kekuatan, sedikit bela diri. Keberanian dibutuhkan karena satu orang harus menghadapi tujuh orang.

PP FOKSI, lanjut Maryoto, mengucapkan terima kasih kepada Rektor UPMI dan YPLP PT IKIP PGRI Bali yang telah berinisiatif menggelar rektor cup untuk pertama kalinya di Bali.

“Meskipun rektor cup, tapi euforianya sudah seperti pekan olahraga provinsi. Sangat ramai dan meriah,” ungkapnya.

Ketua Pengprov FOKSI Bali Made Sukawan Adika, menambahkan, ketertarikan generasi muda terhadap cabor kabaddi dikarenakan rasa haus prestasi di cabor yang sedang berkembang.

Selain itu, Bali memiliki permainan tradisional yang mirip kabaddi, yakni “magoak-goakan” dan “megala-galaan”. Sehingga tinggal beradaptasi dengan regulasinya.

“Dulu para atlet sering sampai patah tulang dan cidera. Tapi kami terus perbaiki agar atlet “safety”. Wajib pakai alas matras,” terangnya.

Apresiasi juga datang dari Ketua KONI Bali I Gusti Ngurah Oka Darmawan. Pihaknya mendukung penuh penyelenggaraan kejuaraan semua cabor, termasuk kabaddi yang sedang berkembang di Bali dan Indonesia.

“Kalau bisa saya sarankan jangan pakai Rektor Cup 2024. Tapi pakai Rektor Cup I. Sehingga nanti ada kelanjutannya, Rektor Cup II, III, dan seterusnya,” jelasnya.

Dengan demikian, Rektor Cup bisa masuk calendar of event olahraga di Bali. Tentunya akan memberikan efek positif bagi masyarakat Bali. Gde

 Save as PDF

Next Post

Astra Motor Bali Ajak HCB Jajal Motor Listrik Honda EM1 e:

Kam Feb 29 , 2024
Dibaca: 488 (Last Updated On: 28/02/2024) Honda Community Bali diajak mencoba Motor Listrik Honda EM1 e:. (Foto: ist)   DENPASAR-fajarbali.com | Sebagai bentuk pengenalan motor listrik Honda EM1 e: secara massif, Astra Motor Bali memberikan kesempatan untuk para member Honda Community Bali (HCB) merasakan secara langsung performa terbaik dari sepeda […]
Astra

Berita Lainnya