Peringati hari Lingkungan Hidup, DLH Bangli Gelar Berbagai Kegiatan Hingga Bersih-Bersih Pasar Kidul

BANGLI-fajarbali.com | Berbagai kegiatan mulai digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangli, serangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh tanggal 5 Juni. Diantaranya, menggalakkan kembali gerakan gotong- royong, pelatihan mendaur ulang sampah menjadi aneka bentuk  kerajinan tangan serta penanaman bibit tanaman pucuk bang yang telah ditetapkan sebagai maskot Bangli.


Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangli, Ida Ayu Gde Yudi Sutha saat dikonfirmasi, Minggu (30/5/2021) mengatakan, berbagai kegiatan serangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, telah mulai dilaksanakan dari tanggal 28 Mei hingga  5 Juni mendatang. Dimana, kegiatan diawali dengan gotong royong pembersihan Pasar Kidul, Bangli.

“Kegiatan ini melibatkan  para pengelola pasar serta pedagang di areal Pasar Kidul, Bangli,”ujarnya.

Baca Juga :
Sambut WFB, Bali Siapkan Destinasi Wisata
Bupati Sanjaya Bersama Gubernur Bali Tandatangani Kesepakatan Bersama Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber

Selanjutnya, jelas Dayu Yudi, pada tanggal 2  Juni akan digelar kegiatan pembersihan kali dan sungai. Kegiatan ini akan dipusatkan di Tukad Sangsang, seputaran Kelurahan Cempaga dan Kelurahan Kawan.

“Kegiatan ini merupakan kolaborasi DLH Bangli dengan masyarakat Cempaga dan Kawan,” beber Dayu Yudi Sutha.

Selain itu, pihaknya juga mengagendakan untuk menggelar sosialisasi dan pelatihan daur ulang sampah dengan menggandeng Dywik Bank Sampah. Kegiatan ini akan melibatkan guru dan siswa se-Kecamatan Bangli, yang mana pelaksanaannya kegiatannya akan dipusatkan di GOR Tamanbali, pada  3 Juni mendatang.

“Dywik Bank Sampah akan memberikan berbagai pelatihan tentang cara mengolah sampah plastik menjadi berbagai jenis kerajinan. Ini, tentunya akan bisa menghasilkan nilai ekonomis sehingga masyarakat tidak lagi membuang sampah plastik secara sembarangan yang mengakibatkan pencemaran lingkungan,” tegasnya.

Sementara puncak peringatan hari Lingkungan Hidup Se-dunia ini, lanjut Dayu Yudi, nantinya akan diisi dengan penanaman bibit pucuk bang di areal Lapangan Kapten Mudita Bangli. Pada kesempatan itu juga akan diisi dengan penyemprotan eco enzyme yang dirangkaikan juga dengan sosialisasi Instruksi Bupati No : 1 Tahun 2021 serta penayangan video tentang peduli lingkungan. (ard)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

PU Bangli Pastikan Propinsi Setujui Perbaikan Saluran Drainase Tahun 2022

Ming Mei 30 , 2021
BANGLI-fajarbali.com | Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Pemukiman (PUPR Perkim), Wayan Suastika menegaskan dalam upaya penataan wajah kota khususnya perbaikan saluran drainase, pihaknya  telah mengusulkan anggaran ke Dinas PU Provinsi Bali. Hasilnya, dipastikan, Pemprov telah menyetujui pengalokasian anggaran perbaikannya saluran drainase di kota Bangli yang menjadi kewenangan […]
BPD BALI