Peringati Hari Lanjut Usia Nasional 2021, RSUP Sanglah Beri Support Pasien Geriatri

Denpasar-fajarbali.com | Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) 2021 yang jatuh pada Sabtu (29/5/2021), pihak RSUP Sanglah memberi dukungan kepada pasien geriatri yang sedang menjalani perawatan di RSUP Sanglah.


Hal ini disampaikan Dirut RSUP Sanglah dr I Wayan Sudana, M.Kes didampingi Ketua Tim Klinis Geriatri Terpadu RSUP Sanglah Prof.Dr.dr.RA Tuty Kuswardhani, Sp.PD-KGer, M.Kes, M.H, dan Ketua Divisi Geriatri, KSM/Dept Penyakit Dalam FK Unud/RSUP Sanglah.

Sudana mengatakan, bahwa kegiatan serangkaian HLUN 2021 di RSUP Sanglah sudah dilakukan dari beberapa hari yang lalu. Salah satunya dengan melakukan kunjungan kepada pasien geriatri yang sedang dalam perawatan rawat inap.

Baca Juga :
Terbukti Masuk Tempat Hiburan Malam, Kapolresta Denpasar Copot Jabatan Kanit Buser
Dukung Pelayanan Pariwisata di Masa Pandemi, ITDC Salurkan Bantuan Sarana Penerapan Protokol Kesehatan Bagi Desa Wisata Pinge

“Secara umum, beberapa kegiatan sudah kita lakukan seperti yang terkait dengan peningkatan pengetahuan terkait lansia melalui webinar, ada juga workshop,  kemudian kebetulan hari ini kita juga langsung mengunjungi pasien lansia di beberapa ruangan,” jelas Sudana dihadapan awak media.

Lebih lanjut dikatakannya, kunjungan tersebut dilakukan selain untuk memberikan semangat kepada pasien dan penunggu dalam menjalani pengobatan, juga sebagai bentuk kepedulian dan bentuk perhatian melalui berkomunikasi secara langsung, sehingga pasien lansia tidak merasa sendirian atau kesepian.

“Kegiatan ini masih berlanjut, jadi tidak berhenti sampai di hari peringatan saja, tapi masih ada beberapa kegiatan lagi yang akan dilakukan berlanjut dan daftarnya sudah disiapkan beberapa agenda,” ungkapnya.

Pihaknya berharap dengan memberikan support secara langsung, pasien lansia bisa memiliki semangat dalam proses menuju kesembuhannya. “Terutama pemberian support kepada keluarga yang menunggu, agar sabar dan senantiasa mendukung proses kesembuhan pasien” imbuh Sudana.

Sementara Ketua Tim Klinis Geriatri Terpadu RSUP Sanglah, Prof.Dr.dr.RA Tuty Kuswardhani, Sp.PD-KGer, M.Kes, M.H, menjelaskan bahwa dalam merawat pasien lansia yang dilakukan dirumah harus dengan pendampingan dan tidak bergantung pada umur pasien.

“Tentunya pasien harus dijaga dan pihak keluarga harus menyayangi pasien tersebut untuk mendukung psikologis pasien. Selain itu juga memberikan nutrisi yang baik,” ujarnya.

Selain itu, Tim Geriatri juga telah mempersiapkan bingkisan untuk mendukung kesehatan pasien lansia yang diserahkan secara langsung kepada pasien dan keluarga pasien. (dha)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Next Post

Bupati Mahayastra Buka Lokasabha V Pratisentana Bandesa Manik Mas, Dipesan Jaga Persaudaraan, Bantu Warga Terbelakang

Ming Mei 30 , 2021
GIANYAR-fajarbali.com | Bupati Gianyar Made Mahayastra membuka dimulainya pelaksanaan Lokasabha V Pratisentana Bandesa Manik Mas Kabupaten Gianyar, di Wantilan Pura Taman Pule, Desa Mas, Kecamatan Ubud, pada Sukra Wage Krulut, Jumat (28/5/2021) lalu. 
BPD BALI