Penyelesaian Kasus Pencabutan Penjor dengan Prajuru Desa Adat, Buntu

GIANYAR-fajarbali.com |Upaya damai atas kasus warga dengan Desa Adat Taro Kelod menemui jalan buntu. Mediasi perdamaian di Mapolres Klungkung dipimpin Kasat Binmas, AKP Gede Endrawan, Kamis (4/8/2022). Hadir pihak warga adat Mangku Ketut Warka bersama kuasa hukum dan sejumlah prajuru Desa Adat Taro. 
 
Usai mediasi, putra Mangku Ketut Warka, Wayan Gede Kartika menjelaskan masih bersikukuh tidak mencabut laporan terhadap kasus pencabutan penjor. Kartika berargumen bahwa tidak pada tempatnya menukar kasus adat dengan kasus pidana, yaitu pencabutan penjor. “Sebagai warga desa adat, saya terbukti tidak bersalah namun pencabutan penjor tersebut merupakan perbuatan yang menodai agama. Kalau dicabut, maka saya dianggap melindungi orang yang menodai agama,” jelas Kartika. 
 
Dalam pemaparan sebelumnya ada empat persoalan yang dialami keluarga Kartika. Kasus tersebut adalah kasus sosial dimana rumah Kartika tidak mendapat sambungan air pam dan saluran irigasi sawah ditutup. Kedua kasus perdata dimana ada sengketa lahan, ketiga ada kasus adat dimana keluarga Kartika dikenai kasus adat dan keempat ada persoalan pidana, yang mana ada kasus pencabutan penjor. Dalam mediasi kasus yang sudah selesai adalah kasus sosial dan kasus adat. Sedangkan kasus pidana sedang berproses. 
 
Kasat Binmas AKP Gede Endrawan berkali-kali bertanya kepada pihak Mangku Warka, namun Kartika menyebutkan meminta waktu untuk memikirkan soal pencabutan pelaporan atas pencabutan penjor. “Selalu Kasat Binmas saya terus mengupayakan agar kasus ini damai dan tidak ada lagi persoalan di kemudian hari,” jelas AKP Endrawan. 

 Sebelumnya, Kuasa hukum Mangku Warka, Gede Sukarta menjelaskan ada poin-poin penting yang belum ketemu dalam upaya perdamaian. Disebutkan pencabutan air pam dan air irigasi masih berlangsung dan hal itu sudah berjalan sejak tahun 2019 lalu. “Saya tidak bisa mengintervensi keputusan klien saya,” jelas Sukarta.sar

Next Post

TP PKK Gianyar Sosialisasi Gagah Bencana

Kam Agu 4 , 2022
GIANYAR-fajarbali.com | Memberi pemahaman kepada kader PKK terkait mengelola program kesehatan, kelestarian lingkungan hidup, dan perencanaan sehat yang ada di Pokja 4, Tim Penggerak PKK Kabupaten Gianyar melakukan sosialisasi Gagah Bencana bagi Kader PKK Kecamatan Desa/kelurahan se Kabupaten Gianyar.    Sosialisasi tersebut dimaksudkan untuk memberikan pemahaman terkait strategi mengatasi permasalahan […]
IMG-20220804-WA0032-163b1212
BPD BALI