Penjualan di Tokopedia Melesat Jelang Ramadan

(Last Updated On: )

JAKARTA-Fajar Bali

Ramadan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia, khususnya bagi yang muslim. Dalam menyambut bulan Ramadan, selain mempersiapkan diri secara spiritual, masyarakat juga semakin antusias membeli berbagai kebutuhan Ramadan.

 

Hal itu dibuktikan dari data internal Tokopedia, bahwa menjelang Ramadan 2023, jumlah kunjungan pada halaman produk (product page view) mengalamai peningkatan sebesar lebih dari 1,5x lipat dibandingkan periode yang sama dengan tahun sebelumnya.

 

 

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan, jelang Ramadan 2023, sejumlah kategori seperti makanan dan minuman, fesyen, otomotif, rumah tangga dan kesehatan menjadi kategori paling banyak dicari melalui Tokopedia. Bahkan pada periode yang sama, bumbu dan bahan masakan, makanan ringan, obat-obatan, aksesori motor dan perlengkapan kebersihan menjadi beberapa produk terlaris di Tokopedia juga.

 

 

Salah satu produk yang mengalami peningkatan drastis jelang Ramadan adalah penjualan kurma, madu dan sirup. Kata, Nuraiani, masyarakat sudah mulai membeli produk makanan dan minuman khas Ramadan. Hal itu terbukti dari data Tokopedia yang memperlihatkan bahwa kurma, madu dan sirup mengalami peningkatan transaksi sebesar 3x lipat.

 

 

“Bulan puasa tidak terpisahkan dari momen sahur dan berbuka. Tokopedia berupaya membantu masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman, termasuk untuk sahur dan berbuka lewat berbagai kampanye. Salah satunya Tokopedia NYAM! yang menyediakan diskon hingga 90% untuk menu pilihan sambut Ramadan,” kata Nuraini.

 

 

Soal bahan masakakan, lanjut Nuraini, masyarakat juga terlihat mulai melengkapi bahan masakan menjelang Ramadan. Tokopedia mengalamai peningkatan penjualan rata-rata hampir 4x lipat untuk daging sapi dan bawang di momen jelang Ramadan tahun ini.

 

 

 

“Masyarakat bisa mendapatkan berbagai bahan masakan segar dan produk kebutuhan lainnya, mulai dari Rp4 ribu, dalam waktu maksimal 2 jam serta bebas ongkir lewat Tokopedia NOW!,” jelasnya.

 

 

Lanjutnya, soal fesyen, menjelang Ramadan  tahun 2023  ini, fesyen muslim menjadi kategori paling diserbu masyarakat lewat Tokopedia. Selain itu, perlengkapan ibadah, seperti tasbih digital, sajadah, rompi salat, mukena dan sarung. Berbagai produk fesyen muslim bisa didapatkan di Modest on Trend dengan diskon hingga 60% dan cashback sampai Rp750 ribu.

 

 

Masyarakat mulai mempersiapkan kendaraan untuk perjalanan jauh, seperti mudik. Beberapa produk paling laris pada kategori Otomotif di Tokopedia jelang Ramadan 2023, yaitu aksesori body motor, lampu motor/mobil, oli motor, jas hujan, radiator dan komponen mobil.

 

“Masyarakat pun tengah melengkapi kebutuhan rumah tangga untuk sambut momen silaturahmi. Tampak dari toples makanan, alat pembuat kopi dan teh, serta gelas menjadi sejumlah produk paling laris pada kategori Rumah Tangga di Tokopedia jelang Ramadan 2023,” kata Nuraini.**

 

Beragam perlengkapan rumah tangga, seperti alat masak untuk sahur, alat makan untuk berbuka, pembuat kue Lebaran dan lain-lain, bisa ditemukan di Home Living Salebrations dengan diskon hingga 90% dan cashback hingga Rp400 ribu.

 

Di sisi lain, menjaga kesehatan menjadi hal penting yang terus diperhatikan masyarakat khususnya selama Ramadan. “Masker medis, obat herbal dan vitamin adalah sejumlah produk paling laris di Tokopedia saat menjelang Ramadan 2023,” jelas Nuraini. rl

 

 

 Save as PDF

Next Post

DP2KBP3A Badung Fasilitas BKOW Bali Sosialisasi Pencegahan KDRT dan Penurunan Stunting

Sab Mar 18 , 2023
Kegiatan yang bertujuan untuk penurunan angka stunting ini, melibatkan sebanyak 50 keluarga di Kabupaten Badung.
IMG-20230318-WA0003

Berita Lainnya