Penerimaan Bantuan Sapi Mati PMK Tertunda, Data Penerima Belum Valid

Pemberian ganti rugi kepada peternak yang sapinya mati terjangkit PMK di Gianyar ditunda. Hal ini disebabkan data nama-nama peternak yang dikirim belum valid, seperti belum memiliki KTP Elektronik. 

GIANYAR-fajarbali.com |Pemberian ganti rugi kepada peternak yang sapinya mati terjangkit PMK di Gianyar ditunda. Hal ini disebabkan data nama-nama peternak yang dikirim belum valid, seperti belum memiliki KTP Elektronik. 
Kadis Pertanian dan Peternakan Gianyar, I Made Raka, Selasa (6/9/2022) menjelaskan usulan dari Kabupaten Gianyar dikembalikan karena data pemilik ternak yang akan mendapat bantuan belum valid. “Usulan pemberian ganti rugi dikembalikan, ini sudah dikoordinasikan dengan peternak, agar melengkapi berkas,” jelas Made Raka. Dijelaskan data yang belum lengkap tersebut seperti nama peternak belum masuk di data kependudukan, karena belum memiliki KTP Elektronik. “Ada yang tandatangan berbeda antara usulan dengan yang di KTP,” jelasnya. 
 
Dimana sebelum bantuan diserahkan, data penerima divalidasi di Kementerian Dalam Negeri sebelum bantuan diserahkan. Dikatakan, untuk penerima bantuan di Kabupaten Badung dan Buleleng sudah cair. “Di Bali hanya Gianyar yang belum, ini karena itu tadi, administrasi belum valid. Peternak penerima bantuan sudah kita suruh membuat KTP Elektronik,” tambahnya. Dimana bila tidak bisa tandatangan, bisa menggut cap jempol. 
 
Untuk Kabupaten Gianyar, sapi yang mati kena PMK sebanyak 39 ekor. Semua ternak sapi ini di Desa Medahan, Kecamatan Blahbatuh. “Per ekor sapi mendapat ganti rugi sebesar Rp 10 juta dan langsung masuk ke rekening pemilik,” ujarnya. Dimana usulan ini dusahakan lengkap di Bulan September ini dan diserahkan ke Kemdagri. Bila dinyatakan lengkap dan valid, bantuan ganti rugi langsung cair. Salah satu peternah, Nyoman Sudiarsa mengakui kalau ada data yang dikirim tidak sesuai. “Ya, ada kesalahan pada KTP, kami sudah perbaiki,” jelasnya singkat.sar

Next Post

Lewat Penelitian, Dosen FST UNR Kupas Konsep Arsitektur Gunung Rata Pura Paibon Pemeregan

Sel Sep 6 , 2022
Konsep Arsitektur Gunung Rata
Dosen FST-96fda9fc