Pemilu Serentak 2024, Polda Bali Siapkan Sinergitas Pengamanan

Tahapan Pemilu Dapat Berjalan Dengan Aman, Tertib dan Lancar

 Save as PDF
(Last Updated On: )

PEMILU SERENTAK-Pertemuan Polda Bali dan stakeholder terkait di Bali bahas Pemilu Serentak 2024. 

 

DENPASAR -fajarbali.com |Direktorat Intelkam Polda Bali mengadakan pertemuan dengan sejumlah stakeholder terkait di Bali guna menggelar persiapan pengamanan tahun politik pada Pemilu 2024 mendatang.
 
Salah satunya melakukan koordinasi dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Bali, untuk mewujudkan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman, damai dan demokratis.
 
Dirintelkam Polda Bali yang diwakili Kasubdit I Ditintelkam Polda Bali AKBP I Wayan Sumara, S.Sos, M.Si dalam pertemuan mengatakan, tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Kesbangpol dan Intelijen tidak jauh berbeda.
 
“Apalagi terkait dengan Pemilu 2024, Polda Bali dan Badan Kesbangpol sering melaksanakan rapat koordinasi maupun pertemuan sehingga sinergitas selalu terjalin,” ucapnya di Denpasar, pada Jumat 28 April 2023.
 
Selaku membidangi Politik dan Pemerintahan lanjutnya, AKP Sumara berharap kepada pimpinan Badan Kesbangpol untuk tetap menjalin kerja sama dalam setiap pelaksanaan tugas. “Kepolisian tidak berpolitik praktis, namun mengamankan kegiatan politik,” ungkapnya. 
 
Ditambahkan AKP Sumara, selaku fungsi intelijen, Polisi tidak memata-matai partai politik maupun penyelenggara pemilu tapi hanya bertujuan untuk memperoleh informasi. “Ini sebagai upaya melaksanakan pengamanan kegiatan politik, sehingga tahapan Pemilu dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” terangnya. 
 
Sementara itu terpisah, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Bali Drs. I Gusti Ngurah Wiryanata, M.Si menerangkan, kerja sama dan sinergitas antara Ditintelkam Polda Bali dengan Kesbangpol sudah berjalan dengan baik.
 
Ia juga mengungkapkan anggaran untuk pengamanan PilkadaTahun 2024 yang diperuntukkan kepada Polda Bali sudah dapat dipastikan tidak ada perubahan.
 
“Sehingga untuk anggaran pengamanan sudah tersedia sesuai rencana kebutuhan yang diajukan oleh Polda Bali. Usulan dan pengajuan anggaran pengamanan Pilkada dari Polda Bali sama sekali tidak ada koreksi, secara umum seluruhnya dapat terpenuhi,” ungkapnya sembari berharap tahun ini seluruh Kabupaten dan Kota sudah siap terkait anggaran Pilkada. 
 
Diterangkan AKP Sumara, dalam menghadapi Pemilu serentak, Badan Kesbangpol Provinsi Bali berupaya menghidupkan sinergitas antara komunitas intelijen di Provinsi Bali dengan membentuk posko terpadu. 
 
“Kita tidak dapat bekerja sendiri melainkan harus tetap menjalin kerja sama dengan stakeholder lainnya,” terangnya. 
 
Ia juga menyatakan, selaku pimpinan Badan Kesbangpol Provinsi Bali beserta staf selalu siap untuk menjalin sinergi dalam mendukung tugas-tugas Polri menjaga situasi kamtibmas wilayah Bali khususnya menjelang pelaksanaan Pemilu Serentak Tahun 2024. R-005 
 Save as PDF

Next Post

Fishum UNR dan Desa Dauh Puri Kaja Teken MoU

Sab Apr 29 , 2023
mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka turut menyukseskan program-program pemerintah desa.
Ngurah Rai 5

Berita Lainnya