Pelatihan dan Pendampingan Penerapan Online Assessment: Upgrade Kompetensi Guru untuk Mengintegrasikan Teknologi dalam Penilaian

(Last Updated On: )
Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unmas Denpasar bekerja sama dengan SMK Pariwisata Kertayasa Singakerta Ubud telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM)

DENPASAR-fajarbali.com  | Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unmas Denpasar bekerjasama dengan SMK Pariwisata Kertayasa Singakerta Ubud telah melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM). Kegiatan PkM ini fokus pada penyegaran kompetensi guru khususnya pada aspek penilaian melalui pelatihan dan pendampingan “Penerapan Online Assessment”. 

Kegiatan ini melibatkan para guru di SMK Pariwisata Kertayasa Singakerta Ubud dengan mendatangkan narasumber dari Prodi. Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unmas Denpasar.

Pelaksanaan PkM sesuai dengan hasil observasi yang dilaksanakan oleh Tim Pelaksana PkM. Hasil wawancara mengungkap bahwa para guru masih memerlukan penyegaran terkait penerapan online assessment (penilaian secara daring) agar mampu membangun atmosfer pembelajaran dan penilaian yang lebih interaktif sejalan dengan kemajuan teknologi.

Hal ini juga diungkap oleh Kepala SMK Pariwisata Kertayasa Singakerta Ubud I Dewa Gede Sudiarta, S.Pd. “Guru kami sangat memerlukan professional development seperti ini agar mampu membangun suasana belajar yang lebih aktif dan mampu memotivasi siswa dalam proses belajar khususnya penilaian,” kata kepala sekolah.

Ketua Tim Pelaksana dan sekaligus narasumber, I Komang Budiarta menjelaskan, PkM ini sejatinya merupakan proses belajar bersama dan saling berbagi praktik baik dalam penilaian secara daring.

Ia menambahkan, penerapan Online Assessment merupakan suplemen bukan untuk mengganti penilaian yang sudah dilaksanakan selama ini.” Dalam kesempatan ini, narasumber melatih para guru dalam menyusun penilaian dengan menggunakan Quizizz, Kahoot dan Formative.

Para guru dilatih untuk menggunakan beberapa fitur terbaru dari platform tersebut yang sudah terintegrasi dengan Artificial Intellingence agar memudahkan penyusunan penilaian secara daring.

Kegiatan PkM yang merupakan salah satu bentuk tridharma perguruan tinggi dalam melakukan diseminasi terhadap hasil penelitian yang telah dilaksanakan oleh Dosen ini mendapat respon yang sangat positif dari para guru yang mengikuti pelatihan.

Sebagian besar guru mengakui baru mengetahui ada fitur baru pada Quizizz dan Kahoot yang bisa membantu mereka saat menyusun penilaian secara daring agar lebih interaktif. Mereka juga baru mengetahui ada platform yang bernama Formative yang dapat membantu mereka menyusun penilaian.

Kepala SMK Pariwisata Kertayasa Singakerta Ubud, I Dewa Gede Sudiarta, S.Pd. juga memberikan apresiasi kepada Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unmas Denpasar.

“Sebagai Prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang sudah terakreditasi ‘Unggul’ dari LAMDIK, kami sangat senang bekerja sama untuk melaksanakan kegiatan PkM ini. Kami sangat berharap berbagai kegiatan terkait Professional Development untuk para guru kami akan dilaksanakan lagi dan lagi sehingga para guru kami akan mampu meningkatkan kompetensi mereka dan sekaligus meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas,”.

Penulis: I Komang Budiarta, Kadek Kardiyasa Tirtana Putra, dan Ida Ayu Dwi Utari Pithaloka Devi

Next Post

Tingkatkan Pengetahuan Kesehatan Mulut dan Gigi Ibu Balita, Kader Posyandu Diberi Edukasi

Sel Jul 9 , 2024
Model gigi/phantom serta sikat gigi yang diserahkan kepada pihak desa bisa digunakan secara mandiri oleh kader posyandu untuk melatih ibu-ibu balita dalam memelihara kesehatan gigi anaknya pada setia pertemuan bulanan.
DAJAN1

Berita Lainnya