Kunjungi Pameran Lukisan HUT ke-61 FK Unud, Pastika Terpukau

Lukisan yang fungsinya dapat menyejukkan dan menghaluskan jiwa, bagi Pastika akan semakin sempurna jika dilengkapi dengan narasi sehingga orang-orang yang awam menjadi paham.


Warning: strlen() expects parameter 1 to be string, array given in /home/fajarbal/public_html/wp-includes/functions.php on line 262
(Last Updated On: )

Made Mangku Pastika mengunjungi pameran lukisan dr. Bagus Darmayasa, serangkaian HUT ke-61 Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana (Unud), Kampus Sudirman, Jumat lalu.

 

DENPASAR – fajarbali.com | Tidak semua dokter bisa melukis. Tidak semua pelukis adalah dokter. Demikian celetukan Anggota DPD RI Dapil Bali Made Mangku Pastika di sela mengunjungi pameran lukisan dr. Bagus Darmayasa, serangkaian HUT ke-61 Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana (Unud), Kampus Sudirman, Jumat lalu.

Mantan gubernur Bali dua periode ini pun terang-terangan mengagumi lukisan-lukisan hasil karya Dirut Rumah Sakit Puri Raharja itu yang ia ibaratkan sebagai “resep di atas kanvas”.

“Ini tidak sekadar lukisan, tetapi lukisan unik yang mayoritas tentang wajah orang. Ini tidak mudah karena ada ekspresi wajah dan harus bisa menyelami jiwa orang yang dilukis itu,” kata Pastika di Universitas Udayana, Denpasar, Jumat.

Lukisan yang dipamerkan itu, lanjut dia, menjadi semakin unik karena pelukisnya merupakan seorang dokter yang berbakat dan Dokter Bagus bukan pelukis yang sebelumnya memang belajar khusus di sekolah pelukis.

“Dokter Bagus juga memanfaatkan talentanya untuk menjaring hubungan dengan berbagai pihak. Dengan demikian, hubungan yang kaku bisa jadi cair, yang tadinya kesal penuh kemarahan juga bisa cair dan bisa tertawa,” kata Pastika.

Hal-hal seperti ini, menurut Pastika, dapat menjadi semacam healing bagi kondisi mental seseorang sehingga bisa sekaligus sebagai resep di atas kanvas. “Obat penenangnya ya lukisan dan itu ternyata manjur dan sangat manjur,” katanya.

Lukisan yang fungsinya dapat menyejukkan dan menghaluskan jiwa, bagi Pastika akan semakin sempurna jika dilengkapi dengan narasi sehingga orang-orang yang awam menjadi paham.

“Ini menjadi kontribusi yang luar biasa yang dilakukan Dokter Bagus sebagai alumni Fakultas Kedokteran Unud,” kata Pastika yang juga Penasihat Ikatan Alumni Universitas Udayana (Ikayana) ini.

Sementara itu Dokter Bagus mengakui melukis menjadi bagian dari kesehariannya selain tugas pokoknya sebagai Dirut RS Puri Raharja.

Baginya seni memang bisa menghaluskan jiwa seseorang karena saat melukis dia mampu menenangkan diri dan ini dinilai penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

“Kebetulan saya ada beberapa koleksi lukisan dan pihak Dekanat menyambut baik pameran ini. Dengan warna-warni lukisan setidaknya memberikan terapi ke masyarakat atau siapapun,” ujarnya.

Mantan Dirut RS Bali Mandara ini mengatakan terapi juga bisa diberikan kepada pasien yang mengalami tekanan-tekanan kejiwaan.

“Saya hadir dengan seni lukis, dengan melukis, setidaknya menghaluskan jiwa, yang tadinya tegang, mumet bisa jadi tenang,” ujarnya.

Dalam pameran itu, Dokter Bagus memajang 71 lukisan dengan berbagai warna yang diberikan tema “atas nama wanita untuk cinta”.

“Saya anggap wanita ini sangat menginspirasi, bagaimana seorang istri mengandung sembilan bulan, melahirkan dengan kesakitan luar biasa lalu bertanggung jawab dalam pertumbuhan si anak,” ujarnya.

Wakil Dekan II Fakultas Kedokteran (FK) Unud Dr dr I Made Sudarmaja, M.Kes berterima kasih atas loyalitas yang ditunjukkan Dokter Bagus sebagai alumni FK Unud.

Tak hanya jago melukis, Sudarmaja mengatakan Dokter Bagus saat kuliah juga memiliki keahlian menulis yang indah sehingga kerap menulis di spanduk-spanduk kegiatan kampus. (Gde)

Next Post

Mengimplementasikan Sifat Tuhan dalam Organisasi

Ming Mar 19 , 2023

Warning: strlen() expects parameter 1 to be string, array given in /home/fajarbal/public_html/wp-includes/functions.php on line 262
(Last Updated On: )  Ketua Perdiknas Dr. AAN Eddy Supriyadinata Gorda, menyerahkan tali asih untuk karyawan di unit-unit di bawahnya. DENPASAR – fajarbali.com | Sebagai badan hukum penyelenggara pendidikan di SMP Nasional, SMK Teknologi Nasional, dan Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas), sang Ketua Perkumpulan Pendidikan Nasional (Perdiknas) Denpasar, Dr. AA.Ngr Eddy Supriyadinata […]
9C4E236E-3606-420D-8EBF-BEEE1BF8E30B

Berita Lainnya