Karangasem Sasar Anak Usia 12-17 Tahun Terima Vaksin

(Last Updated On: )

AMLAPURA-fajarbali.com | Setelah melaksanakan vaksinasi covid-19 untuk usia diatas 17 tahun, pemkab Karangasem kini mulai menyasar anak usia 12-17 tahun untuk menerima vaksin.


Hari pertama vaksinasi untuk anak usia 12-17 tahun ini,tim vaksinasi menyasar dua sekolah, yakni SMPN 2 Amlapura dan SMPN 5 Amlapura. Vaksinasi dilaksanakan pada Senin (5/7/2021) kemarin di dua sekolah tersebut. 

Disela-sela meninjau pelaksanan vaksinasi, Bupati Karangasem, I Gede Dana meminta, pelaksanaan vaksinasi agar tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Baik dari jumlah perserta yang dihadirkan, maupun pembatasan agar tidak terjadi kerumuman berkerumunan. “Jangan sampai vaksinasi malah menjadi kluster baru,kami sudah wanti-wanti agar peserta dibatasi,” ujar Gede Dana. 

Baca Juga :
Ngaku Anggota Interpol, Bule Rusia Diringkus Tim Resmob Polda Bali
Permohonan Praperadilan Mantan Kasir Penilep Uang Kas Gereja Ditolak Hakim

Gede Dana juga menyampaikan, untuk vaksinasi anak usia 12-17 tahun ini, pihaknya menerima laporan masing-masing sekolah menyiapkan 50 orang dalam setiap vaksinasi. Dikatakanya, hari pertama vaksinasi anak 12-17 tahun di dua sekolah juga berlangsung dengan tertib. “Kita ingin Karangasem menjadi daerah hijau, jadi kita himbau anak-anak tidak takut menerima vaksin,” ujarnya lagi. 

Dilain pihak, Kepala Dinas Kesehatan Karangasem, dr. I Gusti Bagus Putra Pertama menjelaskan, vaksinasi anak usai 12-17 tahun ini tidak ada perbedaan dengan vaksinasi orang dewasa. Tatacara  pemberian vaksin remaja sama dengan umum, mulai  dari pendataan memasukkan data, kemudian skrining riwayat penyakit, penyuntikan  vaksinasi,  hingga observasi.

“Hanya demi untuk memudahkan pendataan, anak-anak  yang akan menjalani vaksinasi datang ke sekolah dengan membawa kartu keluarga,” ujarnya. 

Dikatakan Bagus Putra Pertama, untuk pencanangan  pelaksanaan vaksinasi sinovac untuk usia 12-17 tahun, dinas Kesehatan baru menyasar dua sekolah yang ada di kota Amlapura yakni SMPN 2 Amlapura dan SMPN 5 Amlapura.  Ia juga mengatakan, untuk petugas yang melaksanakan vaksinasi, pihaknya juga melibatkan vaksinator yang sebelumnya bertugas melaksanakan vaksinasi umum.

“Petugasnya masih sama, mereka dari tenaga kesehatan dari Puskesmas dan rumah sakit, khusus untuk  administrasi vaksinasi  melibatkan  petugas dari Dinas Pendidikan dan siswa yang dapat membantu,” ujarnya lagi. 

Vaksinasi anak usia 12-17 tahun ini, selain dihadiri bupati I Gede Dana,juga dihadiri Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa dan Sekda I Ketut Sedana Merta,Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini SIK. MM.Tr, Dandim 1623 Karangasem, Letkol Inf. Bima Santosa, Kajari Karangasem Aji Kalbu Pribadi SH. MH. (bud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sasar Ribuan Siswa SMP, Bupati Sedana Arta Launching Gertak Vaksinasi Anak

Sel Jul 6 , 2021
(Last Updated On: )BANGLI-fajarbali.com | Gerakan Serentak (Gertak) vaksinasi covid-19 di Kabupaten Bangli terus berlanjut. Kali ini, sasarannya anak atau para siswa SMP maupun SMA yang berusia 12- 17 tahun.

Berita Lainnya