Jadikan Skrining Pra Nikah “Lifestyle” Catin Muda

Pasangan pengantin muda ini, telah melakukan skrining pra nikah tiga bulan sebelum puncak upacara yang berlangsung secara Hindu tersebut.

 Save as PDF

Ketua TPPS sekaligus Wagub Kabupaten Tabanan I Made Edi Wirawan menyerahkan sertifikat ELSIMIL dan Akte Pernikahan kepada pasangan dokter Dion Pratama Puja dan Kartika Andriani.

 

DENPASAR – fajarbali.com  | Pernikahan dr. Putu Dion Pratama Puja, S.Ked., dengan dr. Luh Kartika Andriani, S.Ked., 26 Desember, di Tabanan, menjadi contoh pernikahan yang direncanakan dengan matang.

Dion merupakan putra sulung Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bali, yang sudah selayaknya mengimplementasikan program-program pemerintah di bidang pembangunan kependudukan.

Pasangan pengantin muda ini, telah melakukan skrining pra nikah tiga bulan sebelum puncak upacara yang berlangsung secara Hindu tersebut.

Hasilnya, sejoli dokter lolos skrining, meliputi cek hemoglobin, berat dan tinggi badan, lingkar lengan dan sebagainya. Hasil skrining yang dilakukan tenaga kesehatan itu kemudian diinput dalam aplikasi ELSIMIL.

Aplikasi ELSIMIL merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk kesiapan menikah dan kehamilan. Masyarakat dapat mengakses ELSIMIL melalui situs resmi di https://elsimil.bkkbn.go.id/login

Dalam aplikasi tersebut, masyarakat bisa memanfaatkan fitur edukasi mengenai  kesehatan reproduksi, cegah kanker, kesiapan kehamilan, kesiapan pra nikah, dan kontrasepsi.

Sertifikat ELSIMIL dan Akta Pernikahan pasangan Dion-Andriani diserahkan langsung oleh Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) sekaligus Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan saat hari H di kediaman Dion.

dr. Luh De, dikonfirmasi saat resepsi pernikahan putranya, di Denpasar, Selasa (27/12) mengatakan, ELSIMIL menjadi penting karena termasuk hulu dari upaya pencegahan stunting. Program ini juga menjadi indikator yang dimasukkan dalam Inovasi “Semara Ratih” yang telah dilaunching Pemda Tabanan pada 23/11 lalu sebagai salah satu upaya dalam Percepatan Penurunan Stunting.

Dia mengajak calon pengantin (catin) khususnya yang berusia muda agar menjadikan skrining pra nikah sebagai “lifestyle” sebelum mengarungi bahtera rumah tangga.

Ia juga mengimbau pengantin untuk menghindari  4T dalam melahirkan. 4T terdiri dari; Terlalu muda melahirkan (<21 tahun) , terlalu tua melahirkan (>35 tahun), terlalu sering/banyak (> 2 anak), dan Terlalu dekat jarak melahirkan (<3 tahun).

Dengan mengikuti anjuran pemerintah, dalam hal ini BKKBN sebagai Koordinator Percepatan Penurunan Stunting Nasional, ia yakin target pemerintah menuju Indonesia Emas tahun 2045 bakal terwujud. Saat ini, kata dia, prevalensi stunting nasional masih tinggi, 24,4 persen sedangkan Bali 10,9 (SSGI 2021).

“Kami sedang menunggu SSGI terbaru. Dan kami yakin untuk di Bali pasti turun seiring berbagai langkah kolaboratif yang kami lakukan bersama stakeholder lainnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, dr. Luh De –sapaan akrabnya, berpendapat, pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep dengan Erina Sofia Gudono beberapa waktu lalu menjadi percontohan bagi catin.

Saat upaca pernikahannya, kata Luh De, Kaesang-Erina juga menunjukkan sertifikat ELSIMIL yang diserahkan oleh Penghulu KUA Depok, Yogyakarta.

Dalam pernikahan putranya, yang turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tabanan dan sejumlah OPD di lingkungan Pemda Tabanan, juga langsung diserahkan Akte Pernikahan yang menjadi bagian dalam Program “Semara Ratih”. (rl)

 Save as PDF

Next Post

Menyiapkan Cerita Anak Berbasis STEAM, Balai Bahasa Provinsi Bali Juga MoU dengan FIB Unud

Kam Des 29 , 2022
DEKAN FIB Unud, Prof. Dr. Made Sri Satyawati, S.S., M.Hum., bersama Kepala Balai Bahasa Provinsi Bali Dr. Herawati, SS., M.Hum., menunjukkan surat perjanjian kerja sama.   DENPASAR – fajarbali.com | Balai Bahasa Provinsi Bali menggelar “Optimalisasi Program Kebahasaan dan Kesastraan melalui Bincang Literasi: Penulisan Cerita Anak Berbasis Science, Technology, Art, […]
E1CE6326-136C-401B-AEB1-2744708B413F-61c8ad49

Berita Lainnya