Inovasi Sibola Disdukcapil Gianyar, Pemberian Akta Kematian pada Gianyar

Pemberian akta kematian bisa cepat, asalkan Klian Dinas atau Perbekel segera melaporkan ke Disdukcapil

GIANYAR-fajarbali.com|Disdukcapil Gianyar memiliki inovasi pelayanan, Sistem Jempout Bola (Sibola) kepada warga Gianyar yang membutuhkan pelayanan administrasi kependudukan. Selaian untuk pelayanan KTP, Sibola juga memberikan akta kematian kepada warga. 
Hal ini diterangkan Kadisdukcapik Gianyar, Cokorda Agusnawa, Rabu (17/8/2022). Dikatakan, pencetakan akta kematian sebelum penguburan ini telah dimulai sejak ia ditugaskan sebagai Kepala Capil. Inovasi tersebut merupakan tindak lanjut dari aspirasi yang disampaikan oleh forum perbekel Sukawati. “Saat itu saya di undang oleh forum perbekel Sukawati, mereka menyampaikan sejumlah aspirasi. Kemudian kita diskusilan untuk merumuskan sistem kerjanya,” ujar Cok Agusnawa. Dikatakan, akta kematian sangat penting, sebab dengan akta kematian masyarakat bisa mengurus asuransi, seperti BPJS atau asuransi lainya. Selain itu silsilah dalam keluaraga untuk melengkapi berkas mengurus sertifikat. Serta pemuktahiran data. “Masyarakat tidak susah-susah lagi dalam mengurus akta kematian, mereka bisa menerima sebelum penguburan atau satu hari pasca penguburan,” ungkapnya. 
 
Ditambahkan, dalam inovasi tersebut, Kelian Dinas sebagai garda terdepan, karena mereka yang mengetahui situasi warganya. “Sebab SDM masyarakat kita berbeda, ada yang rungu ada yang tidak rungu juga. Kalau saat dibutuhkan baru ngredek. Maka kelian dinas sebagai garda terdepan untuk melayani masyarakat,” ungkapnya. Diungkapkan juga, kunci dari berjalannya inovasi ini adalah komunikasi. Pihaknya tidak menggunakan aplikasi apa pun untuk mempercepat pelayanan ini. Karena jika menggunakan aplikasi menurutnya tidak akan efesien. Namun pihaknya tetap memanfaatkan kecanggihan teknologi yang dipadukan dengan komunikasi. “Kelian dinas menyiapkan berkas yang telah di PDF kan, tinggal kirim ke WA saya, saya tersuskan kebidangya. Tidak sampai sejam atau seharian akta sudah jadi siap diserahkan, data capil juga langsung termuktahirkan,” ujarnya. 
 
Inovasi ini sudah banyak diterapkan oleh perbekel di kecamatan Sukawati. Untuk lebih mengefesienkan, juga pihaknya menyediakan lima staf yang bisa mobile untuk penyerahan akta kematian. “Jika keliannya memberikan PDF kita kirim aktanya lewat PDF. Jika berkas hardcopy yang dibawa, kita juga berikan hardnya. SDM kelian dinas kan juga berda-beda, kita ikuti mereka,” ujarnya. Saat ini Disdukcapil menantang kelian dinas dan perbekel untuk lebih gerak cepat dalam pelayanan data kependudukan. Sehingga data yang dihasilkan bisa muktahir. “Saya tantang keliannya dan perbekel agar lebih gerak cepat. Saat ini dicapil tidak ada lama, kecuali pembuatan KTP baru atau pencetakan KTP karena itu servernya seluruh Indonesia,” tandasnya.sar

Next Post

Putra Terbaik Gianyar Dianugerahi Satya Lencana Kepariwisataan

Rab Agu 17 , 2022
Penghargaan ini kami persembahkan untuk keluargs besar Puri Ubud, Bendesa Adat Ubud, Warga Ubud dan seluruh Warga Gianyar dan Bali
IMG-20220817-WA0027-da5b8902